Kebakaran Hutan di Gunung Argopuro Capai 10 Hektare, Pemadaman Terkendala Angin

Sabtu, 14 Oktober 2023 – 11:36 WIB
Kebakaran Hutan di Gunung Argopuro Capai 10 Hektare, Pemadaman Terkendala Angin - JPNN.com Jatim
Petugas BPBD dibantu TNI/Polri dan Perhutani serta masyarakat melakukan pemadaman api karhutla di lereng Gunung Argopuro, Situbondo, Jawa Timur. Jumat (13/10) ANTARA/HO-Humas BPBD Situbondo

jatim.jpnn.com, SITUBONDO - BPBD Situbondo mencatat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di lereng Gunung Argopuro mencapai sepuluh hektare.

Kepala Pelaksana BPBD Situbondo Sruwi Hartanto mengatakan karhutla di lereng Gunung Argopuro terjadi sejak Kamis (12/10), tepatnya di Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang.

"Karhutla di lereng Gunung Argopuro terjadi sejak kemarin, dan alhamdulillah hari ini kebakaran hutan sebagian bisa dikendalikan," ujar Sruwi, Jumat (13/10).

Karhutla tersebut terjadi di Blok Serendeng petak 6a-1 RPH Sumbermalang, BKPH Besuki, KPH Bondowoso.

Menurutnya, kebakaran terjadi sejak pukul 18.00 WIB. Namun, api tidak bisa dipadamkan sepenuhnya lantaran sebagian titik api berada di tebing yang terjal.

Pemadaman hutan dan lahan terbakar itu dilakukan bersama dengan personel RPH Sumbermalang serta anggota LMDH yang mengetahui ada titik api.

Upaya pemadaman dilakukan secara manual yaitu dengan kepyok dan ranting pohon agar kebakaran tidak merembet ke area lain.

"Api sulit dipadamkan karena cuaca panas dan anginnya juga kencang sehingga api cepat merambat," katanya.

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di lereng Gunung Argopuro mencapai sepuluh hektare.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News