TPA Winongo Madiun Kebakaran, 2 Unit Pemadam Dikerahkan

Senin, 09 Oktober 2023 – 10:35 WIB
TPA Winongo Madiun Kebakaran, 2 Unit Pemadam Dikerahkan - JPNN.com Jatim
Petugas memadamkan api yang membakar tumpukan sampah di Zona 6 di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Winongo, Kelurahan Winongo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun yang terbakar pada Minggu (8/10) sore. ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun

jatim.jpnn.com, MADIUN - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Winongo, di Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun mengalami kebakaran pada Minggu (8/10).

Plt Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Kota Madiun Hendro Pradono mengatakan kebakaran diketahui sekitar pukul 16.00 WIB.

Sebanyak dua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan memadamkan api yang membakar sampah di zona 6.

"Penyebabnya belum diketahui, tetapi yang jelas cuaca panas dan angin kencang cukup mempercepat perluasan areal yang terbakar," ujar Hendro.

Menurutnya, api menyebar cukup cepat karena dipengaruhi angin dan juga panasnya cuaca, apalagi area zona 6 dipenuhi sampah kering yang mudah terbakar.

Sesuai data, api membakar sepertiga dari zona 6. Zona tersebut berada di sisi paling barat area TPA. Kebakaran kali ini terjadi di sisi selatan zona tersebut.

Sampah yang terbakar tersebut merupakan zona pasif, yakni tumpukan sampah dari tahun 2019-2020.

Dia menjelaskan kebakaran sejatinya sudah pernah terjadi sebelumnya. Namun, di lokasi yang berbeda. Adapun kebakaran yang pertama terjadi di zona 6 sisi utara.

Pemkot Madiun memadamkan kebakaran sampah TPA Winongo hingga malam.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News