Kota Batu Jadi Percontohan dalam Pengelolaan Sampah, Keren!

Senin, 02 Oktober 2023 – 13:36 WIB
Kota Batu Jadi Percontohan dalam Pengelolaan Sampah, Keren! - JPNN.com Jatim
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya (keempat kanan) pada saat meninjau Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Minggu (1/10/2023). ANTARA/HO-Prokopim Setda Kota Batu.

jatim.jpnn.com, BATU - Kota Batu menjadi percontohan nasional untuk wilayah perkotaan dalam pengelolaan sampah.

Hal tersebut dinyatakan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya.

Dia mengatakan Kota Batu dengan jumlah penduduk sekitar 230 jiwa memiliki pengelolaan sampah yang cukup baik dengan berbagai langkah strategis.

"Saya melihat itu sangat baik karena pengelolaan sampah itu membutuhkan kombinasi regulasi, operasional, pelaksanaan, pembinaan, dan pengawasan," katanya.

Dia menjelaskan Batu merupakan salah satu kota yang sudah mengelola sampah dari sumbernya, yakni pada tingkatan rumah tangga,

Pasalnya, berbagai wilayah yang ada di Indonesia banyak memiliki tempat pembuangan akhir (TPA) yang besar, tetapi tidak diimbangi pengelolaan sampah.

Menteri Siti pun juga mengunjungi TPA Tlekung di Kecamatan Junrejo yang memiliki pengelolaan yang cukup baik.

"TPA ini sangat sederhana, tetapi pengelolaannya sangat bagus. Karena pengelolaan sampah yang bagus harus dilakukan dari ujungnya," ujar Menteri LHK.

Kota Batu menjadi percontohan nasional dalam pengelolaan sampah. Simak strategi apa saja yang dilakukan pemkot setempat.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News