Kebakaran Hutan di Taman Nasional Baluran Terkendali Setelah 5 Hari Pemadaman

Sabtu, 30 September 2023 – 10:05 WIB
Kebakaran Hutan di Taman Nasional Baluran Terkendali Setelah 5 Hari Pemadaman - JPNN.com Jatim
Petugas Balai Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur, bersama relawan Masyarakat Peduli Api memadamkan api di Gunung Baluran. Kamis malam (28/9). ANTARA/HO-Humas Taman Nasional Baluran

jatim.jpnn.com, SITUBONDO - Petugas Balai Taman Nasional Baluran Situbondo dibantu sukarelawan Masyarakat Peduli Api akhirnya bisa mengendalikan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Gunung Baluran di kawasan wisata alam setempat.

Kepala Balai Taman Nasional Baluran Situbondo Johan Setiawan mengatakan pada hari kelima karhutla gunung di kawasan suaka margasatwa itu bisa dikendalikan, baik di sisi barat, selatan, dan timur Gunung Baluran.

"Alhamdulillah hingga petang ini api sudah bisa dikendalikan. Untuk luas kebakaran hutan dan lahan selama lima hari ini ada sekitar 180 hektare yang terbakar," kata Johan, Jumat (29/9).

Meskipun titik api sudah bisa dikendalikan, petugas bersama para sukarelawan masih terus melakukan untuk mengantisipasi muncul titik api baru di lereng gunung kawasan wisata alam itu.

Petugas juga membuat ilaran api atau jalur bersih menghambat perambatan api sepanjang sembilan kilometer (sisi barat dan selatan gunung) sekitar lokasi agar kebakaran tidak makin meluas.

"Kami terus memantau karena bara api di pohon-pohon yang terbakar masih ada, khawatir menjadi pemicu kebakaran baru ketika angin kencang datang," ujarnya.

Dia menyampaikan semua pegawai taman nasional diterjunkan untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan di lereng gunung itu sejak Senin (25/9).

"Hari ini Direktur Jenderal Penegakan Hukum pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meninjau langsung kebakaran hutan dan lahan di Gunung Baluran," tuturnya.

Karhutla Taman Nasional Baluran dapat dikendalikan setelah memasuki hari kelima pemadaman.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News