Waduh, Kebakaran di Lereng Gunung Ijen Capai 20 Hektare

Kamis, 14 September 2023 – 11:06 WIB
Waduh, Kebakaran di Lereng Gunung Ijen Capai 20 Hektare - JPNN.com Jatim
Petugas BPBD Bondowoso, Jatim, memadamkan ilalang dan semak belukar yang terbakar di lereng Gunung Ijen. Rabu (13/9). ANTARA/HO-BPBD Bondowoso.

jatim.jpnn.com, BONDOWOSO - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso mencatat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan lereng Gunung Ijen mencapai 20 hektare.

Karhutla itu terjadi pada Selasa (12/9) hingga Rabu (13/9) di Petak 102 B dan 103 A di wilayah Perhutani Pos 2, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso.

"Iya benar telah terjadi kebakaran menjalar ke utara dan yang terbakar ada sekitar 20 hektare," kata Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Bondowoso Yuliono, Rabu (13/9).

Dia menjelaskan vegetasi tumbuhan yang terbakar adalah jenis ilalang kering dan semak belukar. Api mulai padam pada Rabu sekitar pukul 5.00 WIB.

Namun, penyebab kebakaran hutan dan lahan di lereng Gunung Ijen itu, kata dia, pihak BPBD Bondowoso masih belum mengetahui secara pasti.

"Kemungkinan faktor alam karena hawa panas yang terjadi, kemudian timbul api," ujarnya.

Menurutnya, dalam peristiwa kebakaran hutan dan lahan tersebut tidak ada korban jiwa, begitu pula satwa endemik kawasan hutan lereng Gunung Ijen juga dilaporkan masih aman.

Yuliono mengimbau masyarakat yang beraktivitas di sekitar lereng Gunung Ijen agar tidak membuang puntung rokok sembarangan saat musim kemarau karena hal itu bisa menjadi pemicu kebakaran. (antara/mcr12/jpnn)

BPBD Bondowoso mencatat kebakaran hutan dan lahan di lereng Gunung Ijen mencapai 20 hektare.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News