Hujan Deras, 2 Desa di Lereng Gunung Ijen Diterjang Banjir Bandang

Senin, 13 Februari 2023 – 11:57 WIB
Hujan Deras, 2 Desa di Lereng Gunung Ijen Diterjang Banjir Bandang - JPNN.com Jatim
Suasana banjir bandang mulai surut di Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Bondowoso, Minggu (12/2) malam. ANTARA/HO-BPBD Bondowoso

jatim.jpnn.com, BONDOWOSO - Permukiman warga di dua desa kawasan lereng Gunung Ijen, Kabupaten Bondowoso diterjang banjir bandang setelah diguyur hujan deras selama beberapa jam pada Minggu (12/2).

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bondowoso Dadan Kurniawan mengatakan banjir bandang menerjang permukiman warga di Desa Sempol dan Desa Kalisat, Kecamatan Ijen.

"Banjir bandang terjadi di dua desa. Sudah mulai surut pukul 21.15 WIB," kata Dadan.

Tim Reaksi Cepat atau TRC BPBD dan sukarelawan lainnya di lapangan telah melakukan penanganan awal sekaligus membantu mengarahkan warga ke lokasi yang lebih aman.

"Sebentar kami di lokasi, untuk terdampak banjir bandang ini petugas kami masih melakukan pendataan," ujarnya.

Dia menjelaskan sebelum terjadi banjir bandang, terjadi hujan deras di hulu Gunung Suket. Kemudian air bercampur lumpur menerjang permukiman warga.

Tidak hanya air bercampur lumpur, banjir bandang juga membawa material ranting-ranting kayu dan material lainnya.

Pada 29 Januari 2020, banjir bandang juga telah menerjang dua desa di lereng Gunung Ijen itu dan mengakibatkan ratusan rumah terendam banjir lumpur serta material lainnya. (antara/mcr12/jpnn)

Dua desa di lereng Gunung Ijen membuat permukiman warga diterjang banjir bandang akibat ujan deras yang mengguyur pada Minggu (12/2) petang.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News