Edukasi Keberagaman lewat Pemakaian Sepatu Beda Warna, Unesa Catatkan MURI

Sabtu, 09 September 2023 – 13:10 WIB
Edukasi Keberagaman lewat Pemakaian Sepatu Beda Warna, Unesa Catatkan MURI - JPNN.com Jatim
Peserta jalan sehat mengenakan sepasang sepatu berbeda warna dan motif di Unesa. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak 3.000 mahasiswa dan dosen Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengikuti jalan sehat dengan mengenakan sepasang sepatu yang berbeda warna dan motif di halaman Rektorat, Kampus Lidah Wetan, Surabaya, Sabtu (9/9).

Kegiatan itu merupakan yang pertama kali dan mencatatakan Unesa di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai perguruan tinggi yang menyelenggarakan jalan sehat sepatu beda warna terbanyak.

Rektor Unesa Prof Nurhasan mengungkapkan tujuan mengenakan sepasang sepatu dengan motif dan warna yang berbeda atau yang disebut sepatu bhinneka adalah sebagai bentuk edukasi terkait keberagaman di Indonesia.

Menurutnya, beda warna sepatu kanan dan kiri merupakan simbol perbedaan atau keberagaman yang saling mengisi, sejalan, dan seiring.

“Tujuan kami sebenarnya untuk edukasi dan mengubah mindset bahwa kita harus menghargai perbedaan. Jangan sampai hanya soal berbeda saja bisa membuat kita terpecah belah. Perbedaan tidak boleh dipersoalkan karena itu anugerah Tuhan yang perlu kita rawat bersama. Pokoknya NKRI harga mati," kata Prof Hasan.

Guna menyampaikan pesan itu kepada masyarakat, Unesa bekerja sama memproduksi sepatu bineka (beda warna) lewat PT Corponesa dan Edunesa Mall dengan Ardiles, industri lokal.

"Semangatnya kami bangga dengan produk lokal ya. Kami sudah hasilkan sekitar seribu sepatu, termasuk yang dipakai sivitas akademika untuk kegiatan hari ini. Sepatu tersebut kami pasarkan juga di Edunesa Mall, juga bisa didapatkan secara online," jelasnya. 

Sementara itu, Senior Manager MURI Triyono mengapresiasi berbagai terobosan unik dan menarik Unesa sehingga rutin memecahkan rekor.

Unesa kembali dapat rekor MURI perguruan tinggi yang menyelenggarakan jalan sehat sepatu beda warna terbanyak
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News