Ulah Pengunjung Nyalakan Flare Sebabkan Bukit Teletubbies Kebakaran

Jumat, 08 September 2023 – 10:35 WIB
Ulah Pengunjung Nyalakan Flare Sebabkan Bukit Teletubbies Kebakaran - JPNN.com Jatim
Arsip Foto - Petugas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru berupaya memadamkan kebakaran yang terjadi di sabana di wilayah Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Rabu (30/8). (ANTARA/HO-Balai Besar TNBTS)

jatim.jpnn.com, MALANG - Blok Savana Lembah Watangan atau Bukit Teletubbies di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mengalami kebakaran pada Rabu (6/9). Pemicunya diduga ulah dari sejumlah pengunjung yang tak bertanggung jawab.

Kepala Bagian Tata usaha Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani mengatakan kebakaran lahan di Bukit Teletubbies diduga terjadi karena ada pengunjung yang sedang melakukan sesi foto dengan menyalakan dan membuang suar (flare) di area tersebut.

"Iya, diduga seperti itu. Pelaku sudah kami amankan," kata Septi, Kamis (7/9).

Septi mengatakan ada enam orang yang ditangkap petugas Balai Besar TNBTS karena diduga menyalakan dan membuang suar di kawasan taman nasional.

Keenam orang tersebut, menurut dia, sedang menjalani pemeriksaan di Kepolisian Resor (Polres) Probolinggo.

"Yang diamankan enam orang, tetapi kami masih belum bisa menyebutkan siapa tersangkanya. Nanti, kami menunggu penyelidikan lebih lanjut," ujarnya.

Menurut dia, tim gabungan Balai Besar TNBTS masih berusaha mengatasi kebakaran yang terjadi di sabana kaldera Tengger.

"Kondisi saat ini masih belum padam, terutama di arah puncak yang sulit dijangkau," katanya.

Akibat uah fotografer yang menyalakan suar atau flare saat melakukan sesi foto menyebabkan di Bukit Teletubbies kebakaran.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News