Timbul Prihanjoko Jabat Bupati Probolinggo Selama Dua Pekan

Rabu, 06 September 2023 – 20:20 WIB
Timbul Prihanjoko Jabat Bupati Probolinggo Selama Dua Pekan - JPNN.com Jatim
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melantik Timbul Prihanjoko sebagai Bupati Probolinggo di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (6/9). Foto: Humas Pemprov Jatim.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melantik Timbul Prihanjoko sebagai Bupati Probolinggo untuk sisa masa jabatan tahun 2018-2023 di Gedung Negara Grahadi.

Dia akan menjabat mulai hari ini, Rabu (6/9) hingga 24 September 2023. Pelantikan itu dilakukan berdasarkan SK dari Mendagri.

“Secara peraturan perundang-undangan, beliau sudah mendapatkan SK dari Mendagri. Jadi, tugas gubernur atas nama presiden melakukan pelantikan melalui pengambilan sumpah jabatan hari ini,” kata Khofifah.

Timbul sebelumnya menjabat Wakil Bupati Probolinggo menggantikan Bupati nonaktif Puput Tantriana Sari.

Puput Tantriana Sari menjadi terpidana korupsi dalam perkara jual beli jabatan setelah terjaring OTT KPK pada Agustus 2021.

Setelah penangkapan Bupati Nonaktif Puput, Timbul pada 31 Agustus 2021 langsung diangkat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Probolinggo, yang ketika itu juga dikukuhkan Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi. 

Setelah resmi dilantik menjadi bupati definitif, meski dengan masa jabatan yang tergolong singkat, yaitu sekitar dua pekan mendatang, Gubernur Khofifah berpesan agar Timbul fokus dalam pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Probolinggo tahun 2024.

"Selain itu fokus pada pembahasan Perubahan APBD Pemerintah Kabupaten Probolinggo tahun 2023. Sebab, APBD adalah sumber legitimasi dari seluruh program yang dijalankan pemerintah daerah,” tuturnya.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melantik Timbul Prihanjoko sebagai Bupati Probolinggo menggantikan Puput Tantriana Sari yang terjerat kasus korupsi.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News