BNPB Nyatakan Karhutla di Bukit Teletubies Gunung Bromo Padam

Sabtu, 02 September 2023 – 23:00 WIB
BNPB Nyatakan Karhutla di Bukit Teletubies Gunung Bromo Padam - JPNN.com Jatim
Upaya pemadaman dan monitoring karthula di Bukit Teletubies, kawasan wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur, Jumat (31/8). ANTARA/HO-BNPB

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan Bukit Teletubies, Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru (TNBTS) telah padam.

"Perkembangan laporan dari lapangan per hari ini, api ditaklukkan. Namun, masih menyisakan asap," ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari tertulis, Sabtu (2/9).

Tim gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Masyarakat Peduli Api (MPA) dan Balai Besar TNBTS terus berpatroli memantau kondisi lapangan dan memastikan api padam.

Karhutla tersebut terjadi pada Jumat (1/9), pukul 21.00 WIB dengan lokasi tepatnya di sabana Kaldera Tengger yang menjadi lokasi destinasi wisata Bromo Tengger Semeru.

Dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, karhutla di kawasan wisata Bromo Tengger Semeru sebelumnya juga telah terjadi pada Jumat (31/8).

"Tim gabungan masih menyelidiki penyebab karhutla tersebut. Fokus utama tim gabungan tersebut adalah upaya pemadaman dan antisipasi agar api tidak meluas," katanya.

Pemadaman karhutla tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi tim gabungan sebab lokasi berada di kawasan yang curam dan memiliki kemiringan tertentu sehingga tim harus tetap menjaga keselamatan selama melakukan pemadaman.

"Upaya tersebut juga hanya bisa dilakukan secara manual karena mustahil untuk mendatangkan kendaraan taktis pemadam kebakaran," tuturnya.

Hasil asesmen sementara, luas wilayah yang terbakar masih dalam penghitungan tim bersama pihak Balai Besar TNBTS.

Musim kemarau yang berkepanjangan telah membuat vegetasi di kawasan TNBTS mengering ditambah adanya fenomena frost (embun upas). Kondisi tersebut rawan terjadi kebakaran hutan maupun lahan.

Kepala Bagian Tata Usaha TNBTS Septi Eka Wardhani mengatakan demi mengutamakan faktor keselamatan, keamanan, dan upaya pemadaman, pihak Balai Besar TNBTS menutup sementara sebagian kawasan wisata di kawasan itu.

“Untuk kelancaran upaya pemadaman serta memperhatikan keamanan pengunjung, maka kunjungan wisata Bromo melalui pintu masuk Jemplang, Coban Trisula dan Senduro ditutup untuk pengunjung,” katanya

Penutupan itu dilakukan mulai 1 September 2023, pukul 20.00 WIB sampai dengan waktu yang belum dapat ditentukan.

Dia juga mengimbau seluruh masyarakat, baik warga setempat, pengunjung wisata, maupun pemberi jasa wisata, bersama-sama menjaga kawasan Wisata Gunung Bromo demi mencegah hal serupa tidak terjadi.

“Penutupan diberlakukan sejak Jumat, 1 September 2023, pukul 20.00 WIB sampai dengan batas waktu yang belum bisa ditentukan,” pungkasnya. (antara/mcr12/jpnn)

Karhutla di kawasan TNBTS dipadamkan, tetapi masih menyisakan asap di sebagaian lokasi.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News