Cita-Cita Eri Cahyadi Terwujud, Ajak Masyarakat Aktif Memilah Sampah

Sabtu, 02 September 2023 – 08:33 WIB
Cita-Cita Eri Cahyadi Terwujud, Ajak Masyarakat Aktif Memilah Sampah - JPNN.com Jatim
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat melihat pengelolaan sampah di Bank Induk Sampah. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Keberadaan Bank Sampah Induk Surabaya diyakini Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi membuat warga aktif memilah sampah dari rumah.

Hal tersebut diungkapkannya seusai meresmikan bank sampah di Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Jumat (1/9).

Mantan Kepala Bappeko Surabaya tersebut mengaku memiliki Bank Sampah Induk Surabaya merupakan cita-citanya sejak dulu.

"Akan ada sampah yang diseleksi dari rumah, lalu diserahkan ke bank sampah RW, setelah itu dijual ke Bank Sampah Induk Surabaya sehingga menghidupkan semua bank sampah di setiap RW,” ujar Eri.

Dia berharap karena sudah dipilah, sampah kering tidak ikut dibuang ke tempat pembuangan sementara (TPS) sampai menimbulkan gunungan sampah.

“Makin sedikit yang dibuang ke TPS maka kinerja di RW membuahkan hasil sehingga hanya timbunan sampah jenis organik yang terbuang ke TPA. Itu pun masih bisa diolah lagi," katanya

Di samping itu, pascacovid-19 pola hidup masyarakat mengalami perubahan. Salah satunya mulai dari memesan makanan secara online dan lain sebagainya.

"Jangan kumpulkan plastik menjadi satu dibuang. Saya yakin ada sampah organik dan anorganik. Jadi, jumlah tidak akan banyak yang masuk ke TPS,” tutur Eri. (mcr23/jpnn)

Wali Kota Eri harapkan keberadaan Bank Sampah Induk bisa rubah pola masyarakat dalam membuang sampah.

Redaktur : Arry Dwi Saputra
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News