Tim Ahli ITN Malang Teliti Suara Dentuman di Sumenep

Rabu, 16 Agustus 2023 – 15:15 WIB
Tim Ahli ITN Malang Teliti Suara Dentuman di Sumenep - JPNN.com Jatim
Tim ahli dari ITN Malang (kanan) berbincang dengan warga Dusun Tengah Desa Moncek Tengah Kecamatan Lenteng, Sumenep, yang menjadi lokasi fenomena alam berupa suara dan getaran dari dalam tanah, Selasa (15/8). (ANTARA/ Slamet Hidayat).

jatim.jpnn.com, SUMENEP - Tim ahli dari Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang menyurvei lokasi fenomena suara dentuman di Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Sumenep, Selasa (15/8).

Kedatangan mereka didampingi personel dari BPBD Sumenep dan Kantor Kecamatan Lenteng. Beberapa warga langsung dimintai keterangan terkait suara dentuman yang didengar warga Desa Moncek di Dusun Tengah RT 02/ RW 02.

Ahli Geofisika/Seismologi ITN Malang Ratri Andinisari menjelaskan pihaknya sudah berkoordinasi dengan tim dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pasuruan, yang telah melakukan survei mikroseismik.

"Kami pun telah mengumpulkan bahan maupun data lainnya. Untuk sementara, kami menilai kejadian ini memang fenomena yang tak biasa dibanding peristiwa serupa di daerah lainnya," ujar Ratri.

Pada Sabtu (12/8) pagi fenomena alam berupa suara dan getaran dari dalam tanah terjadi di Dusun Tengah RT 07/RW 02 Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Sumenep.

Fenomena alam tersebut, sebagaimana rilis dari Polres Sumenep, terdengar dan terasa di lima rumah warga setempat dengan durasi waktu selama 45 menit sejak pukul 09.45 WIB hingga 10.30 WIB.

"Bunyi yang terdengar dalam fenomena alam ini berupa ketukan harmonik (teratur). Di daerah lainnya, biasanya (bunyinya) sedikit acak. Makanya, fenomena alam di Desa Moncek Tengah ini tak biasa jika dibandingkan dengan lainnya," tuturnya.

Ia menjelaskan pihaknya akan melakukan survei lanjutan dengan memasang peralatan survei geolistrik untuk mengetahui resistivitas di bawah permukaan lokasi (dalam tanah).

Tim Ahli ITN datang ke lokasi fenomena alam dentuman suara di Sumenep untuk diteliti.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia