BMKG Kantongi Hasil Seismograf Lokasi Dentuman Sumenep, Tetapi Butuh Waktu

Senin, 14 Agustus 2023 – 15:51 WIB
BMKG Kantongi Hasil Seismograf Lokasi Dentuman Sumenep, Tetapi Butuh Waktu - JPNN.com Jatim
Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Pasuruan, Suwarto saat datang ke Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Sumenep, Jawa Timur guna meneliti suara dentuman dari dalam bumi, Senin (14/8/2023). (ANTARA/ Slamet Hidayat)

jatim.jpnn.com, SUMENEP - Tim dari BMKG Pasuruan telah mengantongi data hasil seismograf di lokasi terdengarnya suara dentuman dari dalam tanah di Desa Moncek Tengah, Sumenep.

"Kami dapatkan data dari seismograf dan masih diunduh. Ini tentu butuh analisis dan waktu untuk dikaji," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Pasuruan Suwarto, Senin (14/8).

Pada Sabtu (12/8) pagi, fenomena alam berupa dentuman dari dalam tanah di Dusun Tengah RT 07/RW 02 Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng.

Fenomena alam tersebut sebagaimana rilis dari Polres Sumenep terdengar dan terasa di lima rumah warga setempat dengan durasi 45 menit sejak pukul 09.45 WIB hingga 10.30 WIB.

BMKG Sumenep langsung berkoordinasi dengan tim geofisika BMKG dan selanjutnya personel dari BMKG Pasuruan turun ke lokasi guna observasi pada Minggu (13/8).

Mereka pun memasang seismograf di lokasi fenomena alam berupa suara dan getaran dari dalam tanah itu untuk pengambilan data.

"Kami mohon waktu untuk menganalisis dan mengolah data dari seismograf. Kami juga berharap warga tetap tenang. Masih aman," ujar Suwarto.

Selain itu, dia menerangkan sejak seismograf dipasang pada Minggu (13/8) sore hingga Senin siang, di lokasi tidak terdengar lagi suara dentuman dan getaran dari dalam tanah.

BMKG mengimbau masyarakat sekitar lokasi dentuman Sumenep untuk tenang karena situasi masih aman.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News