Ahli dari ITN & BMKG Akan Selidiki Dentuman Sumenep

Minggu, 13 Agustus 2023 – 08:22 WIB
Ahli dari ITN & BMKG Akan Selidiki Dentuman Sumenep - JPNN.com Jatim
Salah seorang warga menunjuk asal suara dentuman yang terdengar dalam bumi di Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Sumenep, Jawa Timur, Sabtu. (ANTARA/HO-Polres Sumenep)

jatim.jpnn.com, SUMENEP - Ahli geologi dari Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang didatangkan untuk menyelidiki suara dentuman dari tanah di Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Sumenep.

"Malam ini tim dari ITN yang kami undang berangkat dari Malang," kata Kalaksa BPBD Sumenep Wahyu Kurniawan Pribadi, Sabtu (12/8) malam.

BPBD Sumenep juga mendatangkan tim dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Wahyu mengungkapkan suara dentuman dari dalam bumi terdengar di lima rumah warga.

Suara itu sudah terdengar sejak beberapa hari terakhir dan yang paling lama pada Sabtu (12/8) mulai sekitar pukul 09.30 WIB hingga 10.30 WIB.

"Suaranya seperti benturan benda keras atau seperti kegiatan orang menggali sumur di dalam bumi, tetapi di sana tidak ada aktivitas apa pun," ujarnya.

Warga dan pemilik rumah pun panik sehingga petugas terpaksa mengungsikan kelima penghuni rumah tersebut ke tempat yang lebih aman.

"Tim BPBD dibantu polisi dan TNI malam ini (semalam) tetap berada di lokasi kejadian untuk memantau perkembangan situasi sambil menunggu tim dan ITN dan BMKG tiba," ucapnya. (antara/faz/jpnn)

Tim dari sejumlah ahli bakal didatangkan untuk menyelidiki suara dentuman dari tanah di Sumenep.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News