Pemkot Surabaya Beri Hunian Sementara Warga Dukuh Pakis Terdampak Penggusuran

Selasa, 15 Agustus 2023 – 09:34 WIB
Pemkot Surabaya Beri Hunian Sementara Warga Dukuh Pakis Terdampak Penggusuran    - JPNN.com Jatim
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat memberikan mengunjungi warga Dukuh Pakis IV yang rumahnya terdampak penggusuran. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memberikan hunian sementara kepada 21 kepala keluarga (KK) warga Dukuh Pakis IV yang terdampak penggusuran.

Puluhan KK tersebut dipindahkan ke Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Grudo, Kecamatan Tegalsari.

Pemberian kunci hunian sementara itu diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Senin (14/8).

Eri mengatakan bantuan itu diberikan lantaran dia tak ingin melihat warganya kesusahan mencari tempat tinggal usai adanya musibah yang dialami.

“Tolong dijaga guyub rukunnya di Surabaya, sambil menunggu kebenaran itu berjalan, saya nyuwun ikhlase (minta keikhlasannya) panjenengan, ayo ke Rusun Grudo. Saya enggak rela kalau wargaku bingung tempat tinggal," kata Eri.

Meski mengalami musibah, Eri meminta kepada warga yang terdampak untuk tidak membuat gaduh sembari menunggu kebenaran terungkap.

Maka dari itu, dia ingin permasalahan itu dibicarakan bersama dan dibuktikan terlebih dahulu melalui pengadilan agar tidak terjadi kesalahpahaman. 

"Kejadian seperti ini banyak di Surabaya, tetapi kan kami tidak bisa (memihak) karena kedua belah pihak memiliki hak dan kewajiban yang sama di atas negara Republik Indonesia ini. Kalau memiliki hak dan kewajiban yang sama, kami bantu mana sih putusan pengadilannya, datanya ada bilang ada tanah pemkot juga, makannya dilihat dulu silsilahnya," jelasnya.

21 KK warga Dukuh Pakis IV yang terdampak penggusuran diberikan hunia sementara di Rusunawa Grudo
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News