Akses Jangkar-Lembar Segera Diresmikan, Lebih Cepat Ketimbang dari Ketapang

Selasa, 08 Agustus 2023 – 16:09 WIB
Akses Jangkar-Lembar Segera Diresmikan, Lebih Cepat Ketimbang dari Ketapang - JPNN.com Jatim
Pintu gerbang Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Jawa Timur. ANTARA/Novi Husdinariyanto

jatim.jpnn.com, SITUBONDO - Perluasan akses penyeberangan dari Pelabuhan Jangkar (Situbondo) menuju Pelabuhan Lembar (Lombok Barat, NTB) bakal diresmikan pada 15 Agustus nanti.

Kabar tersebut dikonfirmasi oleh Sekretaris Daerah Pemkab Situbondo Wawan Setiawan, Selasa (8/8).

Dia mengatakan pihaknya tengah mempersiapkan peresmian penyeberangan itu nantinya bersamaan dengan Hari Jadi Ke-205 Kabupaten Situbondo.

"Persiapan perluasan akses penyeberangan Pelabuhan Jangkar ke Lembar sudah selesai. Saat ini, hanya mempersiapkan tiket elektronik (e-ticketing) oleh pihak PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)," katanya.

Selain itu, lanjut dia, persiapan lainnya ialah pemda mulai melanjutkan peningkatan infrastruktur jalan dari jalan raya pantura Jawa-Bali ke arah jalan Pelabuhan Jangkar, Desa/Kecamatan Jangkar.

Menurutnya, infrastruktur jalan menuju Pelabuhan Jangkar perlu diperlebar untuk akses kendaraan truk berukuran besar.

Selama ini, Pelabuhan Jangkar melayani angkutan penyeberangan laut ke Pulau Raas, Pulau Sapudi, Pulau Kangean dan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura.

"Kementerian Perhubungan juga sudah mempersiapkan dua kapal feri melayani Jangkar-Lembar. Hari ini, dua kapal feri itu sudah melakukan uji sandar di Pelabuhan Jangkar," ujarnya.

Truk bermuatan berat dari Surabaya yang menuju Pelabuhan Lembar (NTB) bisa lebih cepat lewat Pelabuhan Jangkar ketimbang dari Ketapang.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News