Siswa SMAN 10 Ciptakan Alat Percepat Produksi Probiotik dengan Gending Jawa

Rabu, 02 Agustus 2023 – 18:30 WIB
Siswa SMAN 10 Ciptakan Alat Percepat Produksi Probiotik dengan Gending Jawa - JPNN.com Jatim
Tim Micato saat menjelaskan produksi probiotik yang dipercepat dengan musik gending Jawa, Rabu (2/8). Foto: Arry Saputra/JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Siswa SMAN 10 Surabaya mencatat prestasi skala internasional dalam ajang World Innovation Creativity Olympic (WICO) 2023 di Seoul, Korea Selatan pada 27-29 Juli 2023.

Mereka berhasil membawa pulang medali emas kategori science innovative berjudul Inkubator Musik Untuk memproduksi Probiotik Tingkat Lanjut dan Kecepatan Fermentasi Tapai Singkong dengan Musik Gending Jawa (MICATO).

Tim yang terdiri dari lima siswa itu menyingkirkan ribuan peserta dari 27 negara, seperti Korea Selatan, Amerika, Vietnam, Kamboja, Taiwan, dan Kanada

Mereka ialah Moonieque Angelina, Indratama Anindya, Shafa Freya, Reyhan Muhammad, dan Bagus Novansyah.

Angelina selaku ketua tim menjelaskan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui efektivitas musik untuk mempercepat laju fermentasi pada singkong atau tapai.

Dia bersama timnya menggunakan empat jenis musik untuk menguji coba percepatan laju fermentasi, antara lain jazz, rock, klasik, dan gending jawa.

“Musik gending jawa hasilnya paling efektif untuk pertumbuhan bakteri lactobacillus. Hasil fermentasinya pun lebih baik, yaitu 7,0-7,9 juta dibandingkan yang tak terstimulasi 5,6-7,6 juta bakteri,” kata Angelina, Rabu (2/8).

Adapun jenis probiotik yang dihasilkan adalah bakteri baik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan antiperadangan di sistem pencernaan.

Lima siswa SMAN 10 Surabaya melakukan penelitian untuk mengetahui efektivitas musik untuk mempercepat laju fermentasi pada singkong atau tapai.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News