Ada 127 Perlintasan Tidak Terjaga di Wilayah Daop 7 Madiun, Rawan Kecelakaan

Senin, 31 Juli 2023 – 11:52 WIB
Ada 127 Perlintasan Tidak Terjaga di Wilayah Daop 7 Madiun, Rawan Kecelakaan - JPNN.com Jatim
Petugas mengevakuasi korban kecelakaan antara kereta api dan mobil di Jombang, Jawa Timur, Sabtu (29/7) malam. ANTARA/ HO-Daop 7 Madiun

jatim.jpnn.com, JOMBANG - PT KAI Daop 7 Madiun membeberkan ada 215 perlintasan sebidang kereta api di wilayahnya dan 127 perlintasan di antaranya tidak terjaga.

“Rinciannya 88 perlintasan terjaga, 127 perlintasan tidak terjaga, dan 44 tidak sebidang berupa fly over serta underpass,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Supriyanto, Minggu (30/7). 

Pihaknya menyesalkan kecelakaan antara KA 423 (Rapih Dhoho) dengan mobil Daihatsu Luxio L 1009 XD di perlintasan sebidang tidak terjaga KM 85 antara stasiun Jombang-Sembung.

Akibat keadaan itu, enam orang meninggal dunia dan dua lainnya mengalami luka berat. Korban selamat saat ini menjalani perawatan di RSUD Jombang.

Kecelakaan itu berawal saat kereta api sedang melaju pada Sabtu (29/7) malam sekitar pukul 23.14 WIB. Di saat bersamaan, terdapat juga mobil tersebut yang hendak lewat.

Mobil melaju dari arah utara ke selatan. Pengendara juga sudah diperingatkan dan diteriaki warga yang melihat, tetapi tidak mendengar dan tetap melaju terus melewati perlintasan KA sehingga tidak terhindarkan menemper KA 423 Dhoho tersebut.

PT KAI Daop 7 Madiun terus melakukan upaya koordinasi dengan pemerintah daerah terkait keberadaan perlintasan sebidang KA yang masih banyak tidak terjaga. Salah satu upayanya melakukan penutupan perlintasan liar maupun penjagaan oleh warga.

Namun, dia meminta agar pengendara kendaraan juga selalu berhati-hati saat akan melintas di perlintasan sebidang KA. Pengemudi diimbau berhenti sejenak dan memastikan aman, tidak ada kereta api yang sudah dekat, dan baru melintas.

Sebanyak 215 perlintasan sebidang kereta api di wilayah PT KAI Daop 7 Madiun, 127 di antaranya tanpa penjagaan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News