3 PTN di Surabaya Kukuhkan Guru Besar Secara Bersamaan

Selasa, 25 Juli 2023 – 19:27 WIB
3 PTN di Surabaya Kukuhkan Guru Besar Secara Bersamaan - JPNN.com Jatim
Rektor Unair Prof Mohammad Nasih (tengah) saat berfoto bersama empat guru besar yang akan dikukuhkan, Selasa (25/7). Foto: Arry Saputra/JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Surabaya mengukuhkan sejumlah guru besar dalam waktu bersamaan. Antara lain Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), dan Universitas Airlangga (Unair).

ITS mengukuhkan lima profesor untuk menggenapi 162 profesor yang dimiliki pada Kamis (20/7). Kemudian Unesa mengukuhkan enam guru besar pada Selasa (25/7), dan Unair tujuh guru besar pada Rabu dan Kamis (26-27/7)

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari mengatakan jumlah profesor di kampusnya akan terus bertambah dan makin produktif dalam menghasilkan publikasi ilmiah.

“Dengan bertambahnya jumlah profesor maka bertambah pula mesin penggerak yang akan memajukan ITS ke depannya,” ujar Ashari.

Berdasarkan data dari Kemendikbud Ristek persebaran jumlah profesor terbanyak di Indonesia ada di Jatim, salah satunya di ITS yang memiliki nilai produktivitas paling tinggi, yaitu 1,3 persen.

“Meskipun ITS jumlah penelitinya paling kecil, tetapi jumlah publikasi ilmiahnya melebihi dosen dan penelitinya,” bebernya.

Sementara itu, Rektor Unair Prof Mohammad Nasih menjelaskan banyaknya dosen yang memperoleh gelar guru besar tak lepas dari penilaian angka kredit dosen (PAK) yang sudah memenuhi syarat untuk diajukan.

"Kami memiliki belasan doktor yang antre menjadi guru besar," jelasnya.

ITS, Unesa, dan Unair secara bersamaan mengukuhkan sejumlah guru besar yang dimiliki kampusnya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News