Hindari Pungli dengan Pakta Integritas, Khofifah: Sumbangan Sekolah Harus Sukarela

Sabtu, 22 Juli 2023 – 12:37 WIB
Hindari Pungli dengan Pakta Integritas, Khofifah: Sumbangan Sekolah Harus Sukarela - JPNN.com Jatim
Penandatanganan Pakta Integritas oleh kepala sekolah, komite SMA/SMK/SLB Negeri se Jatim untuk menghindari pungli. Foto: Humas Pemprov Jatim.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membuat pakta integritas untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya terkait larangan sekolah melakukan pungutan liar (pungli) atau sumbangan wajib kepada siswa.

Pakta integritas tersebut ditandatangani oleh Kepala Dinas dengan para Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jatim. Kemudian dengan seluruh kepala sekolah SMA, SMK, dan SLB Negeri bersama komite sekolah, Jumat (2/7).

Khofifah mengatakan tidak semua kebutuhan penyelenggaraan pendidikan didukung sepenuhnya oleh pemerintah, tetapi diperlukan peran serta masyarakat melalui komite sekolah.

"Hal tersebut sesuai dengan Permendikbud Nomor 75 Tahun 2015 bahwa sekolah tidak boleh memungut biaya wajib dengan nominal yang ditentukan," ujar Khofifah.

Dia mencontohkan, seperti biaya ekstrakurikuler untuk meningkatkan kompetensi siswa serta biaya dalam mengikuti ajang olimpiade pendidikan skala nasional maupun internasional.

"Nah, sumbangan, bantuan yang dilakukan komite harus betul-betul atas dasar sukarela. Tidak ada yang boleh diwajibkan, apalagi pada angka sekian," tuturnya.

Walakin, Khofifah secara tegas menyebut bahwa pengelolaan anggaran harus transparan, akuntabel, kredibel, dan jelas peruntukannya. Selain itu, pengawasannya juga dilakukan ketat.

"Berita acara pada saat rapat komite menjadi penting, termasuk diketahui kepala sekolah dan dilaporkan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi kalau ini SMA, SMK, dan SLB Negeri," kata Khofifah. (mcr12/jpnn)

Dengan penandatanganan pakta integritas maka tidak ada sumbangan sekolah yang menyebutkan jumlah nominal terkait sumbangan.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News