Pacitan Jadi Daerah di Jatim Paling Terdampak Gempa Yogyakarta, Pemprov Bergerak

Minggu, 02 Juli 2023 – 08:22 WIB
Pacitan Jadi Daerah di Jatim Paling Terdampak Gempa Yogyakarta, Pemprov Bergerak - JPNN.com Jatim
Peta sebaran guncangan gempa bumi Magnitudo 6,4 yang mengguncang Bantul, Yogyakarta, Jumat (30/6/2023). (ANTARA/HO-BMKG)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pacitan menjadi salah satu daerah di Jawa Timur yang ikut terdampak gempa di Yogyakarta pada Jumat (30/6) malam. Pemprov Jatim pun mengirimkan bantuan kedaruratan bencana ke sana.

"Kabupaten Pacitan merupakan daerah yang paling terasa imbasnya," kata Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Sabtu (1/7).

BPBD Jatim mencatat sejumlah kerusakan, antara lain, rumah rusak ringan 23 unit, rusak sedang 18 unit, dan rusak berat 1 unit. Selain itu, enam fasilitas umum rusak ringan.

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini," ujar gubernur perempuan pertama di Jatim itu.

Pemprov Jatim mengirimkan bantuan sebanyak 150 paket sembako dan 100 terpal ke Kabupaten Pacitan.

"Sebenarnya di tiap BPBD masing-masing kabupaten sudah ada terpal, tetapi pengiriman bantuan saat ini adalah bantuan awal untuk kedaruratan bencana agar masyarakat lebih bisa terfasilitasi," katanya.

Selain Pacitan, sejumlah daerah lain di Jatim juga terdampak gempa Yogyakarta, seperti Trenggalek, Ponorogo, Tulungagung, dan Blitar.

Mantan Menteri Sosial itu memastikan agen bencana dan tim reaksi cepat BPBD di tiap kabupaten yang terdampak sedang bersama-sama melakukan asesmen untuk menilai tingkat krisis.

Pemprov mengirimkan bantuan kedaruratan bencana ke Pacitan yang notabene daerah paling terdampak gempa Yogyakarta di Jatim.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News