Dampak Gempa Bantul Membuat Pasien di RSUD dr Darsono Pacitan Panik Berhamburan

Sabtu, 01 Juli 2023 – 19:07 WIB
Dampak Gempa Bantul Membuat Pasien di RSUD dr Darsono Pacitan Panik Berhamburan - JPNN.com Jatim
Suasana pasien dan keluarga pasien sesaat pascagempa tektonik magnitudo 6,4 yang terjadi pada Jumat (30/6) malam sekitar pukul 19.57 WIB. (ANTARA/HO - Mbah Purwo)

jatim.jpnn.com, PACITAN - RSUD dr. Darsono Kabupaten Pacitan mengimbau seluruh pasien dan keluarga yang sempat mengalami kepanikan dan masih trauma akibat dampak gempa magnitudo 6,4 yang melanda Bantul Yogyakarta untuk kembali tenang.

"Kami berharap pasien dan keluarga, terutama keluarga pasien untuk tenang," kata Kepala Bagian Tata Usaha RSUD dr Darsono dr. Johan Tri Putranto, Sabtu (1/7).

Para perawat dan tenaga medis yang bertugas di ruangan-ruangan serta instalasi, khususnya di IRD juga melakukan persuasi saat terjadi kepanikan.

Meskipun ada beberapa pasien yang memaksa bertahan berada di teras IRD, petugas telah membujuk mereka kembali ke ruang-ruang perawatan.

Ternyata banyak keluarga dan pasien yang mengkhawatirkan terjadinya gempa susulan pascagempa yang melanda di 86 km barat daya Kabupaten Bantul pada kedalaman 25 km tersebut.

Terkait kondisi bangunan, kendati mengalami sejumlah kerusakan kecil seperti dinding retak dan plafon jebol akibat guncangan gempa, Johan memastikan secara umum konstruksi bangunan cukup kuat.

Hal itu diketahui setelah pihaknya melakukan inspeksi ke seluruh penjuru bangunan bersama Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pacitan.

Johan mengimbau pasien dan keluarga tetap tenang. Mereka juga diminta kembali masuk ke ruang perawatan. Adapun untuk bagian bangunan yang rusak, akan dikoordinasikan penanganannya bersama OPD terkait.

Dampak gempa di Bantul, Yogyakarta membuat seluruh pasien di RSUD dr. Darsono panik dan trauma.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News