Puluhan Rumah di Pacitan Terdampak Gempa Bantul, Atap Rusak

Sabtu, 01 Juli 2023 – 18:08 WIB
Puluhan Rumah di Pacitan Terdampak Gempa Bantul, Atap Rusak - JPNN.com Jatim
Ilustrasi gempa. Grafis: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jatim.jpnn.com, PACITAN - Sebanyak 40 rumah di Kabupaten Pacitan dilaporkan mengalami kerusakan terdampak gempa tektonik magnitudo 6,4 yang mengguncang pesisir selatan Jawa di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Jumat (30/6).

"Untuk dampak gempa ada kerusakan, terutama bagian atap dan bangunan retak," kata Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Erwin Andriatmoko, Sabtu (1/7).

Erwin mengatakan belum ada laporan mengenai korban jiwa. Pihaknya sampai kini masih terus melakukan inventarisasi data kerusakan bangunan maupun ada dan tidaknya korban luka dan sebagainya.

“Dari 12 kecamatan, sejauh ini sudah ada delapan kecamatan yang melapor terjadinya kerusakan. Data sementara ada sekitar 40 rumah yang mengalami kerusakan,” ujarnya.

Laporan kerusakan paling banyak terjadi di wilayah Kecamatan Pacitan, di mana ada 22 unit bangunan yang dilaporkan mengalami kerusakan.

Sementara itu, di wilayah Donorejo, BPBD Pacitan menerima aduan kerusakan sembilan bangunan, Arjosari empat bangunan, Kebonagung dua bangunan, dan lainnya di Bandar, Tegalombo, Pringkuku, dan Ngadirejo masing-masing satu bangunan.

Data kerusakan tersebut kemungkinan masih akan terus bertambah seiring inventarisasi dan laporan yang masih terus dilakukan.

Sebagian besar kerusakan, kata dia, dilaporkan terjadi pada fasilitas pemerintahan dan rumah-rumah warga.

Sebanyak 40 rumah di Pacitan terdampak gempa Bantul mengalami kerusakan, bagian atap dan bangunan retak.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News