Pemkot Surabaya Berencana Bangun Terowongan TIJ-KBS, Anggarannya Rp25 Miliar

Rabu, 14 Juni 2023 – 11:42 WIB
Pemkot Surabaya Berencana Bangun Terowongan TIJ-KBS, Anggarannya Rp25 Miliar - JPNN.com Jatim
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggarap proyek baru, yakni pembangunan terowongan bawah tanah yang bakal menghubungkan Terminal Intermoda Joyoboyo-Kebun Binatang Surabaya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan rencana pembangunan terowongan ini bertujuan untuk mengurangi kemacetan jalan raya dampak dari wisatawan yang menyeberang dari TIJ menuju KBS.

“Jadi, nantinya bagi wisatawan KBS yang parkir di TIJ bisa lewat terowongan. Menyeberang dari TIJ ke KBS tidak buat macet, tetapi lewat bawah,” kata Eri, Selasa (13/6).

Rencananya terowongan tersebut tidak hanya sebagai alternatif penyeberangan saja. Nantinya, di sepanjang terowongan akan diberikan tempat khusus bagi UMKM. Hal itu untuk menghidupkan ekonomi pelaku usaha kecil.

“Jadi, TIJ juga bergerak karena berhubungan dengan Jembatan Sawunggaling. Insyaallah akan ada kegiatan setiap Sabtu dan Minggu malam sehingga hidup lah. Untuk kemaslahatan umat di bidang ekonominya,” tuturnya.

Menurutnya, progres pembangunan terowongan saat ini sampai pada tahap pelelangan.

“Progresnya sudah berjalan bisa dilihat, sudah ada teknis, pendampingan pelaksanaannya dan ada jangka waktu pelelangan, tetapi yang pasti saya ingin semua terkoneksi,” ujarnya.

Dirinya menargetkan pembangunan terowongan ini rampung pada tahun 2023.

Pembangunan terowongan TIJ-KBS ditargetkan rampung tahun 2023
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News