Pacitan Diguncang Gempa M 6,0, Terasa Hingga Yogyakarta

Kamis, 08 Juni 2023 – 09:34 WIB
Pacitan Diguncang Gempa M 6,0, Terasa Hingga Yogyakarta - JPNN.com Jatim
Tangkapan layar laman resmi bmkg.go.id terkait gempa magnitudo 6.0 yang terjadi di 117 km Barat Daya Pacitan, Jawa Timur, Kamis (8/6), pukul 00:04:55 WIB. (ANTARA/Ahmad Faishal)

jatim.jpnn.com, PACITAN - Gempa magnitudo 6.0 mengguncang Pacitan tepatnya di 117 KM Barat Daya sekitar pukul 00.04 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa bumi itu tidak berpotensi tsunami. Pusatnya berada di 9.15 LS,110.69 BT dengan kedalaman sepuluh kilometer.

Meski tak berpotensi tsunami, pihak BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap hati-hati dengan gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

Menurut pernyataan BMKG gempa tersebut dirasakan (skala MMI), yaitu V Kota Yogyakarta, III Semarang, III Jepara, IV Ponorogo, IV Karangkates, IV Kepanjen, III-IV Nganjuk, III Madiun, III Sukorejo, II Demak, dan III Banjarnegara.

Sejumlah warganet turut mencuit gempa yang dirasakan terasa hingga ke wilayah Yogyakarta, Semarang, Solo, Tulungagung, dan Kebumen seperti yang terpantau dari sejumlah cuitan di akun resmi twitter @infoBMKG.

"Jogja kerasa banget" tulis akun @yudhidwi_ dan "Jogja kerasa lama ngeri eh" dari @0xAshcry.

"Solo kerasa banget weh" cuit @spearkka.

"Tulungagung kerasa kenceng bgttt" tulis @lalaiscutegirl.

Wilayah barat daya Pacitan diguncang gempa bumi berkekuatan magnitudo 6.0, terasa hingga ke beberapa wilayah.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News