Bupati Sumenep Gelar Acara Sebulan Penuh Peringati Bulan Bung Karno, Catat Jadwalnya

Sabtu, 03 Juni 2023 – 14:37 WIB
Bupati Sumenep Gelar Acara Sebulan Penuh Peringati Bulan Bung Karno, Catat Jadwalnya - JPNN.com Jatim
Bupati Sumenep Achmad Fauzi. Foto: Dok. Mukid untuk JPNN.

jatim.jpnn.com, SUMENEP - Bupati Sumenep Achmad Fauzi menggelar berbagai acara yang bertujuan menghidupkan sektor UMKM dan menjaga kelestarian budaya lokal dalam memperingati Bulan Karno pada Juni 2023.

Kegiatan yang digelar selama sebulan penuh itu untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa Proklamator RI itu dan membumikan Pancasila serta Trisakti yang menjadi ajaran Bung Karno.

“Kami menyiapkan acara selama bulan penuh. Ini bagian dari mengimplementasikan Pancasila dan Trisakti yang menjadi ajaran Bung Karno,” kata Fauzi tertulis, Sabtu (3/6).

Kegiatan Bulan Bung Karno digelar sebagai salah satu cara merawat Pancasila sebagai ideologi bangsa. Pesan sang Proklamator RI agar tetap memegang teguh prinsip Trisakti, yakni berdikari dalam bidang politik, ekonomi, dan budaya.

“Makanya dalam kegiatan ini akan melibatkan UMKM dan sentuhan budaya seperti menghadirkan kesenian tradisional musik Tong-Tong,” ujarnya.

Dia menjelaskan pada 4 Juni, Bupati Sumenep itu akan membuka acara bulan Bung Karno dengan menggelar touring ke Bukit Lanjari di Desa Soddara, Kecamatan Pasongsongan melibatkan seluruh komunitas motor.

Kemudian 6 Juni, doa bersama sekaligus tumpengan bersama para kiai dan ulama Sumenep untuk mendoakan dan mengenang jasa-jasa sang Proklamator RI.

Selanjutnya 10 Juni terdapat parade festival budaya Tong-Tong. Rangkaian peringatan bulan Bung Karno akan diisi dengan lomba catur pada 18 Juni.

Bulan Bung Karno diperingati dengan berbagai acara di Sumenep, berikut jadwalnya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News