Gubernur Khofifah Siap Kawal 7 Rekomendasi Buruh, Ini Isinya

Selasa, 02 Mei 2023 – 11:06 WIB
Gubernur Khofifah Siap Kawal 7 Rekomendasi Buruh, Ini Isinya - JPNN.com Jatim
Salah satu perwakilan buruh Apin Sirait saat membacakan 7 rekomendasi yang telah disepakati oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan siap mengawal tujuh rekomendasi buruh.

Rekomendasi itu merupakan tuntutan yang disampaikan buruh saat aksi demonstrasi memperingati May Day di depan Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan, Surabaya, Senin (1/5).

Adapun tujuh rekomendasi yang telah disepakati bersama yaitu:

1. Meminta kepada Ibu Gubernur segera mengeluarkan rekomendasi yang ditujukan kepada Presiden Republik Indonesia dan DPR RI untuk melakukan perubahan kepada ketentuan di UU Nomor 6 tahun 2023 tentang cipta kerja khususnya tentang kesejahteraan buruh.

2. Meminta DPRD melanjutkan kembali proses pembentukan peraturan daerah terkait perda jaminan pesangon.

3. Gubernur akan mengkoordinasikan dengan pemkab pemkot untuk pembiayaan jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin, terutama bagi buruh yang mengalami pemutusan hubungan kerja.

4. Meminta kepada Ibu Gubernur memerintahkan Kadisnaker Provinsi Jawa Timur melakukan penegakkan hukum terhadap pengusaha yang tidak mengikutsertakan pekerjanya di BPJS Disnakertrans Provinsi Jatim.

5. Meminta Ibu Gubernur memerintahkan Kadisnakertrans menyelesaikan permasalahan hubungan industrial pekerjaan yang telah diketahui oleh publik di Jawa Timur.

Ini 7 rekomendasi yang telah disepekati antara buruh dan Gubernur Jawa Timur untuk dilaksanakan
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News