Tips Bagi Orang Tua yang Mengajak Buat Hatinya Mudik, Simak Baik-Baik

Rabu, 19 April 2023 – 10:35 WIB
Tips Bagi Orang Tua yang Mengajak Buat Hatinya Mudik, Simak Baik-Baik - JPNN.com Jatim
Dokter spesialis anak Rumah Sakit National Hospital Surabaya dr Achmad Yuniari. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Idulfitri merupakan momen yang banyak dinantikan sebagian masyarakat Indonesia.

Mereka berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk menyambut perayaan lebaran bersama keluarga tercinta.

Para orang tua tentunya tidak lupa untuk membawa buah hatinya ketika mudik lebaran. Namun, ada juga yang perlu diperhatikan ketika orang tua mengajak anaknya saat perjalanan.

Dokter spesialis anak Rumah Sakit National Hospital Surabaya dr Achmad Yuniari Heryana menjelaskan hal pertama yang harus dilakukan adalah membagi kategori anak menjadi tiga, yaitu balita, anak-anak, dan remaja.

Hal itu bertujuan untuk menyesuaikan kebutuhan tiap anak agar nyaman saat dibawa mudik.

“Bagi yang membawa balita harus ekstra perhatian khusus karena tingkat ketergantungan pada orang tua cukup tinggi. Jadi, makan harus disiapkan, keperluannya seperti susu dan popok disiapkan,” kata Boy. Selasa (18/4).

Bagi orang tua yang mudik dengan menggunakan moda transportasi umum juga harus dipersiapkan. Sebab, kendaraan yang ditumpangi tidak bisa berhenti sesuka hati.

“Kalau di moda transportasi umum, usahakan setiap satu jam anak diajak beraktivitas entah bermain, bercengkrama, ataupun bermain gadget, tetapi tetap harus diperhatikan screen timenya,” jelasnya.

Info penting bagi orang tua yang hendak mudik dan membawa buah hati, simak tips dari dokter spesialis anak rumah sakit National Hospital.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News