Warga Pesantren di Jember Sudah Mulai Puasa Ramadan Hari Ini

Rabu, 22 Maret 2023 – 14:48 WIB
Warga Pesantren di Jember Sudah Mulai Puasa Ramadan Hari Ini - JPNN.com Jatim
Arsip Foto. Pengasuh Pondok Pesantren Mahfilud Duror KH Ali Wafa (kanan) bersama Bupati Jember Hendy Siswanto dalam acara di pondok pesantren di Suger Kidul, Jelbuk, Jember, Kamis (16/2/2023). (ANTARA/HO-Diskominfo Jember)

jatim.jpnn.com, JEMBER - Ibadah puasa Ramadan ternyata sudah mulai dilaksanakan oleh warga Pondok Pesantren Mahfilud Duror, Jember, pada Rabu (22/3) ini.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Pengasuh Pondok Pesantren Mahfilud Duror KH Ali Wafa.

"Kami sudah melaksanakan salat tarawih pada Selasa (21/3) malam dan dini hari tadi sudah sahur sehingga hari ini mulai berpuasa," katanya.

Dia menjelaskan pesantrennya menetapkan awal Ramadan 1444 Hijriah mengacu pada kitab Nuzhatu al-Majaalis wa Muntakhobu an-Nafaais karangan Syekh Abdurrohman as Shufuri as Syafi'i.

"Penetapan awal puasa berdasarkan keyakinan yang menggunakan acuan sistem khumasi berdasarkan kitab Nuzhatu al-Majaalis yang sudah dijalankan ratusan tahun yang lalu," ujar Kiai Ali Wafa.

Berdasarkan sistem khumasi, lanjut dia, awal puasa tahun ini ditetapkan dengan cara menghitung lima hari dari awal puasa tahun sebelumnya.

"Awal Ramadan lalu jatuh pada hari Jumat sehingga tahun ini awal Ramadan jatuh pada Rabu," tuturnya.

Ali Wafa mengungkapkan metode penetapan awal Ramadan tersebut telah digunakan sejak pesantren berdiri pada 1826.

Warga pesantren di Jember ini menetapkan awal puasa pada hari ini. Semalam, mereka sudah melakukan salat tarawih.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News