Kiai Muda Jatim Ajak Ponpes di Jombang Budidayakan Kacang Sacha Inchi

Kamis, 23 Februari 2023 – 21:51 WIB
Kiai Muda Jatim Ajak Ponpes di Jombang Budidayakan Kacang Sacha Inchi - JPNN.com Jatim
Kiai Muda Jatim saat mengajak santri dan warga setempat membudidayakan kacang sacha inchi yang memiliki banyak manfaat dan nilai jual tinggi. Foto: Dok. Kiai Muda Jatim.

jatim.jpnn.com, JOMBANG - Sukarelawan Kiai Muda Jawa Timur pendukung Ganjar Pranowo melakukan penguatan ekonomi dan ketahanan pangan di Pondok Pesantren Fathul Ulum, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Kamis (23/2).

Koordinator Kiai Muda Jatim Ali Baidlowi mengatakan penguatan pangan tersebut dilakukan dengan menggelar seminar dan pelatihan budidaya tanaman sacha inchi.

"Kami mengadakan seminar ini lewat pemberdayaan kacang sacha inchi sebagai wujud aku bangga menjadi petani," kata Ali.

Pihaknya ingin mengajak santri dan warga sekitar ponpes menggiatkan ketahanan pangan dan ekonomi melalui pembudidayaan tanaman sacha inchi yang banyak manfaatnya, salah satunya mencegah stunting.

Dia menjelaskan bibit kacang yang ditanam selama enam bulan akan menghasilkan buah siap panen yang nantinya bisa diolah menjadi minyak untuk kesehatan, kosmetik, dan lain-lain.

"Kami berharap para santri dan warga sekitar ponpes yang mengikuti seminar tidak lelah dan jenuh untuk terus bertani. Ada jenis tanaman yang mudah dikembangkan dan memiliki ekonomis tinggi seperti sacha inchi ini," ujarnya.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Fathul Ulum Ahmad Habibul Amin mendukung upaya yang dilakukan Kiai Muda Jatim. Ponpesnya memang mengajarkan para santrinya soal pertanian dan peternakan agar mandiri ke depannya.

"Kami sedang mengembangkan tani kacang ini. Pesantren menjadi sebuah tempat pencetak pejuang pangan atau petani," ucapnya.

Kiai Muda Jatim sukarelawan Ganjar Pranowo menggelar seminar dan pelatihan budidaya tanaman sacha inchi di Pondok Pesantren Fathul Ulum, Jombang.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News