Peringatan Dini Banjir Rob, Warga Pesisir Pantai Pamekasan Waspada

Rabu, 15 Februari 2023 – 11:06 WIB
Peringatan Dini Banjir Rob, Warga Pesisir Pantai Pamekasan Waspada - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Banjir rob berpotensi terjadi di pesisir wilayah Jawa Timur. (Antara/Abd Aziz)

jatim.jpnn.com, PAMEKASAN - BPBD Pamekasan menyampaikan peringatan dini terkait potensi banjir rob di sepanjang pesisir pantai. Masyarakat yang tinggal di sana diminta meningkatkan kewaspadaan.

Analis Muda Kebencanaan BPBD Pamekasan Budi Cahyoni mengatakan dari hasil prakiraan BMKG, potensi banjir rob akan berlangsung hingga 27 Februari 2023.

Penyebab banjir rob karena ada fenomena super new moon atau fase bulan baru bersamaan dengan perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi.

"Kondisi itu menyebabkan meningkatnya ketinggian pasang air laut maksimum," kata Budi, Selasa (14/2).

Prakiraan cuaca tersebut bakal berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, di pemukiman pesisir, serta tambak garam dan perikanan darat.

"Karena itu, rilis dari BMKG ini perlu kami sampaikan kepada media, agar bisa segera menyebar secara luas dan masyarakat bisa meningkatkan kewaspadaan," tuturnya.

Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Pamekasan itu menjelaskan pihaknya telah melakukan koordinasi stakeholder terkait potensi banjir rob tersebut.

"Mulai malam ini kami menerjunkan tim ke semua kampung pesisir di Pamekasan untuk menyampaikan secara langsung kepada masyarakat, terutama di perkampungan warga yang biasa dilanda banjir rob," ujarnya.

Warga pesisir pantai Pamekasan diminta meningkatkan kewaspadaan terkait potensi banjir rob hingga 27 Februari 2023.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News