Lomba Fashion Adat Nusantara di Tengah Permukiman Warga Probolinggo, Lihat

Senin, 13 Februari 2023 – 19:02 WIB
Lomba Fashion Adat Nusantara di Tengah Permukiman Warga Probolinggo, Lihat - JPNN.com Jatim
Lomba fashion show yang digelar sukarelawan Orang Muda Ganjar (OMG) Jatim di tengah permukiman warga Probolinggo dengan tujuna melestarikan budaya, Minggu (12/12). Foto: Dok. OMG Jatim.

jatim.jpnn.com, PROBOLINGGO - Sukarelawan Orang Muda Ganjar Pranowo (OMG) Jawa Timur menggelar lomba fashion show pakaian adat nusantara di Dusun Karangrejo, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo pada Minggu (12/2).

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan mengajak masyarakat, khususnya anak muda untuk merawat dan melestarikan kebudayaan, salah satunya pakaian adat asli Nusantara.

Para peserta yang berjumlah 15 orang pemuda mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah, seperti Bali, Padang, Batak, dan Jawa Timur.

"Kami mengangkat tema Merawat dan Melestarikan Adat Nusantara dengan mendukung desainer muda lokal untuk terus mengembangkan kreativitas dan berinovasi," kata Koordinator OMG Kabupaten Probolinggo Hasan Zainal tertulis, Senin (13/2).

Zainal menjelaskan lomba fashion tersebut diikuti secara umum dengan minimal usia 15 tahun berasal dari seluruh wilayah Probolinggo. Mereka diminta mempresentasikan kebudayaan dan pakaian adat yang dikenakan.

Acara tersebut diharapkan bisa mengenalkan secara langsung pakaian adat dan kebudayaan Nusantara kepada masyarakat agar tujuan OMG Jatim menjangkau masyarakat pedesaan untuk merawat dan melestarikan budaya tercapai.

"Masyarakat sangat antusias dan kompak memeriahkan acara ini karena ingin menikmati hiburan dan karya yang ditampilkan. Kegiatan ini bisa lebih menghargai dan menjadi komitmen melestarikan budaya," ujarnya.

Viska Rasyid, peserta yang menjadi juara 1 dalam lomba tersebut mengapresiasi setinggi-tingginya sukarelawan OMG Jatim yang berani beda dengan mengadakan lomba fashion show di tengah permukiman warga.

Sukarelawan Orang Muda Ganjar (OMG) Jatim mengajak masyarakat melestarikan budaya dengan menggelar lomba fashion show pakaian adat Nusantara.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News