Dubes RI untuk Tunisia Ajak PT SIER Masuki Peluang Bisnis Kelola Kawasan Industri

Jumat, 10 Februari 2023 – 11:46 WIB
Dubes RI untuk Tunisia Ajak PT SIER Masuki Peluang Bisnis Kelola Kawasan Industri - JPNN.com Jatim
Dubes RI untuk Tunisia Zuhairi Misrawi (kiri) berbincang dengan Direktur Utama PT SIER Didik Prasetiyono (kanan) saat acara bincang SIER Podcast. Dok. PT SIER

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Duta Besar RI untuk Tunisia Zuhairi Misrawi mengajak PT SIER mentransformasikan pengalaman mengelola bisnis kawasan industri ke negara yang terkenal dengan produk kurmanya.

Menurutnya, kawasan industri di Tunisia sangat tertinggal. Banyak faktor yang menyebabkannya. Maka dari itu, SIER bisa memasuki peluang bisnisnya.

Selain itu, agar perdagangan antara Tunisia dengan Indonesia makin berkembang pesat, saat ini sedang dipersiapkan perjanjian kerja sama Indonesia-Tunisia Preferential Trade Agreement. (IT-PTA).

"Dengan PTA ini diyakini perdagangan Indonesia ke Tunisia makin melejit," kata Zuhairi saat bincang SIER Podcast, Kamis (9/2).

Pertemuan G20 di Bali beberapa waktu lalu, kata dia, mengingatkan daya tarik Indonesia di mata dunia, termasuk Tunisia.

“Tunisia sekarang ingin beralih perdagangan dari Eropa ke Asia, termasuk Indonesia. Saya ingin toko retail yang ada di Indonesia yang menjamur bisa masuk ke Tunisia agar ada produk UMKM yang ke sana,” tuturnya.

Di tahun pertamanya menjadi Dubes, Zuhairi fokus mempromosikan Indonesia di Tunisia menggunakan strategi memanfaatkan kedekatan sejarah antara dua negara saat era Presiden Soekarno.

“Peran Bung Karno sebagai inspirator, Tunisia bisa merdeka pada 1956. Pada 1960 beliau berkunjung ke Tunisia disambut luar biasa. Waktu itu Bung Karno menerima penghargaan pejuang kemerdekaan dari Tunisia,” katanya.

Dubes RI untuk Tunisia mengajak PT SIER mentransformasikan pengalaman mengelola kawasan industri.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News