Tangkal Hujan Saat Harlah 1 Abad NU, BPBD Jatim Semai Garam

Senin, 06 Februari 2023 – 16:19 WIB
Tangkal Hujan Saat Harlah 1 Abad NU, BPBD Jatim Semai Garam - JPNN.com Jatim
BPBD Jatim dibantu TNI AU menyiapkan garam NaCl untuk disemai dalam rangka meminimalisasi hujan saat Harlah 1 Abad NU di Sidoarjo. (ANTARA/HO-BPBD Jatim)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - BPBD Jawa Timur turut bersiap menjelang Harlah 1 Abad NU di Gelora Delta Sidoarjo besok, Selasa (7/2).

Mereka melaksanakan kegiatan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dengan penyemaian garam NaCl untuk meminimalisasi turunnya hujan saat acara akbar tersebut berlangsung.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Pelaksana BPBD Jatim Gatot Soebroto, Senin (6/2) pagi.

Dia mengutarakan langkah itu sebagai tindak lanjut pihaknya terhadap arahan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa untuk ikut menyukseskan pelaksanaan Harlah 1 Abad NU.

"Salah satu upaya kami, melaksanakan TMC agar hujan di lokasi acara bisa diminimalisasi dengan bersama BNPB," katanya.

Berdasarkan keterangan BPBD Jawa Timur, kegiatan TMC dilaksanakan pada hari ini sejak pukul 11.30 WIB. Area penyemaian garam diarahkan ke wilayah Kota dan Kabupaten Malang.

Penyemaian menggunakan Pesawat Casa 212 dengan nomor registrasi A-2108 milik TNI AU.

Penyemaian garam NaCl kembali dilakukan pada pukul 13.45 WIB yang diarahkan ke Tuban dan Bojonegoro dengan menggunakan pesawat yang sama. Setiap sesinya, Pesawat Casa 212 mengangkut 8.000 kilogram garam NaCl.

Demi menyukseskan perayaan Harlah 1 Abad NU di Sidoarjo, BPBD Jatim menyebar belasan ton garam NaCL di langit.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News