Atasi Komplikasi Operasi Katarak, Puluhan Dokter Mata Upgrade Kompetensi Claw Lens

Senin, 19 Desember 2022 – 10:04 WIB
Atasi Komplikasi Operasi Katarak, Puluhan Dokter Mata Upgrade Kompetensi Claw Lens - JPNN.com Jatim
Dokter spesialis mata saat mengikuti kompetensi claw lens untuk mengatasi komplikasi bagi pasien saat operasi katarak. Foto: Dok. National Lasik Center.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak 30 dokter mata meningkatkan kompetensi mereka terkait metode Claw Lens dalam Seminar & Wet Lab 'Claw Lens a New Hope di National Lasik Center Surabaya pada Minggu (18/12).

Seminar tersebut diikuti para dokter spesialis mata dari berbagai daerah, seperti Surabaya, Madura, Bali, Lombok, Kalimantan, hingga Sumatera.

Ketua Seminar dr Idham Mustahid mengatakan penyakit katarak bisa disembuhkan dengan mudah dan aman dengan operasi. Teknologinya kini makin canggih, yaitu menggunakan Teknik Phacoemulsification.

Namun, ada beberapa risiko kondisi pasien yang tetap bisa menimbulkan komplikasi. Nah, para dokter spesialis mata harus menguasai Claw Lens, yaitu prosedur pembedahan untuk mengatasi terjadinya hal tersebut.

"Risiko komplikasi yang terjadi adalah robekan pada salah satu lapisan mata atau kapsul posterior. Maka dari itu, dibutuhkan kompetensi Claw Lens untuk mengatasinya," kata dr Idham.

Puluhan dokter mata yang mengikuti kompetensi Claw Lens mendapatkan keilmuan secara teori dan praktik. Harapannya ilmu yang didapat bisa diterapkan dalam praktik sehari-hari kepada pasien yang berisiko komplikasi

Trainer dalam seminar ini berasal dari Klinik Mata KMU, National Eye Center, RS Mata Undaan, hingga para expert lainnya. Untuk meningkatkan kompetensi ini, para dokter mata memperdalam keilmuan secara komprehensif dan lengkap.

“Mulai dari indikasi awal, perhitungan ukuran lensa, hingga teknik pemasangan baik secara anterior maupun posterior. Setelah pembahasan secara teori para peserta mempraktekkan cara pemakaian Claw Lens pada alat coba yang kami siapkan,” jelasnya.

Puluhan dokter mata dari berbagai daerah mengikuti kompetensi claw lens untuk mengatasi komplikasi bagi pasien operasi katarak di National Lasik Center.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News