Dosen UKWMS Buat Permen Antidiabetes, Tetap Manis dengan Rendah Gula

Jumat, 25 November 2022 – 13:15 WIB
Dosen UKWMS Buat Permen Antidiabetes, Tetap Manis dengan Rendah Gula - JPNN.com Jatim
Veronica Yunita Dian Anggraini, Krenna, dan Yohana Prasetyorini menuangkan aroman permen antidiabetes ke dalam cetakan. Foto: Humas UKWMS.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak tiga dosen Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) menciptakan permen rendah indeks glikemik.

Permen tersebut aman sebagai antidiabetes atau untuk penderita diabetes.

Ketiga dosen itu ialah Dr Martha Ervina dari Fakultas Farmasi dan Pusat Penelitian Obat Tradisional (PPOT), Dr Anita Maya Sutedja, serta Netty Kusumawati dari Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) dan Pusat Penelitian Pangan dan Gizi (PPPG).

Dr Martha beserta timnya tak menggunakan gula pasir, mereka memakai isomalt yang merupakan gila poliol rendah kalori.

“Penggunaan isomalt karena redah angka glikemik indeksnya sehingga angka gula darah naik dan tetap ada rasa manisnya,” kata Dr Martha.

Selain aman dikonsumsi penderita diabetes, permen itu dapat ditambahkan ekstrak yang dapat memberikan efek, juga mudah dikonsumsi kapan saja.

Untuk proses pembuatannya diawali dengan menimbang bahan, pencampuran, pemanasan hingga mencapai suhu tertentu. Penambahan ekstrak dan bahan lainnya didiamkan dahulu hingga buihnya menghilang.

Kemudian, campuran tersebut dicetak ke dalam cetakan yang diinginkan. Apabila sudah keras langsung dilepaskan dari cetakan. 

Tiga dosen UKWMS membuat permen rendah indeks glikemik untuk penderita diabetes.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News