Sinyal Positif dari Pertemuan Biden & XI Jinping dalam KTT G20 Terkait Taiwan

Selasa, 15 November 2022 – 21:13 WIB
Sinyal Positif dari Pertemuan Biden & XI Jinping dalam KTT G20 Terkait Taiwan - JPNN.com Jatim
Presiden AS Joe Biden (kanan) berjabat tangan dengan Presiden China Xi Jinping di sela-sela KTT G20 di Bali, Indonesia, (14/11/2022). (ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque/aww)

jatim.jpnn.com, MALANG - Pertemuan antara Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Joe Biden di sela-sela KTT G20 di Bali dapat meredam ketegangan kedua negara terkait dengan masalah Taiwan.

Hal tersebut disampaikan oleh pengamat hubungan internasional (HI) Universitas Brawijaya (UB) Erza Killian, Selasa (15/11).

"Hubungan mereka agak tegang setelah kasus Taiwan. Iya (pertemuan ini meredam ketegangan), ini pertemuan simbolik," katanya.

Menurut Erza, pertemuan antara Xi Jinping dan Joe Biden tersebut dapat mengurangi pertentangan terkait dengan kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan beberapa waktu lalu.

Maka demikian, hal itu merupakan langkah normalisasi hubungan kedua negara pascakunjungan Pelosi.

Dia menjelaskan pertemuan kedua kepala negara di momen KTT G20 Bali tersebut memang memiliki beberapa konteks simbolis, selain juga substansial di antara kedua negara.

"Pertemuan simbolis kepala negara itu sinyal bahwa relasi politik di antara mereka itu tidak setegang yang diperkirakan, karena dulu sempat agak tegang," ujarnya.

Selain mengurangi ketegangan antara China dan AS, pertemuan Xi Jinping dan Joe Biden juga diperkirakan membahas sejumlah hal penting terkait dengan isu perdagangan dan kerja sama ekonomi bilateral.

Sebelumnya, DPR AS berkunjung ke Taiwan dan mendapat respons dari pihak China dengan kegiatan militer di sekitar wilayah Taiwan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News