TNI AU Punya Cara Menangkal Hujan dalam KTT G20 Bali 2022, Simak!

Minggu, 13 November 2022 – 08:12 WIB
TNI AU Punya Cara Menangkal Hujan dalam KTT G20 Bali 2022, Simak! - JPNN.com Jatim
Pesawat Cassa 212 Skadron 4 Lanud Abdulrachman Saleh Malang yang berada di wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk pelaksanaan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). (ANTARA/HO-Lanud Abd saleh Malang)

jatim.jpnn.com, MALANG - Sebanyak empat pesawat disiagakan TNI AU Skadron 4 Lanud Abdulrachman Saleh Malang dalam pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 14-16 November 2022.

Hal itu disampaikan oleh Komandan Skadron Udara 4 Mayor Penerbang Deharday Nugraha dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/11).

Dia mengatakan tiga jenis pesawat Cassa 212 sudah disiagakan di Lombok, NTB dan satu pesawat CN-295 di Skadron Udara 2 Banyuwangi.

“Empat pesawat disiagakan guna mendukung pemerintah demi kelancaran KTT G20,” kata Deharday.

Dia menjelaskan empat pesawat tersebut akan ditugaskan untuk melaksanakan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Menurutnya, TMC akan dilaksanakan hingga KTT G20 selesai dengan fokus pada sejumlah area penyemaian.

Penyemaian akan dilaksanakan di kawasan Bali dan sekitarnya agar wilayah tersebut tidak hujan dan menjadi kendala pada saat pelaksanaan KTT G20.

“Penyemaian dilakukan di wilayah Bali dan sekitarnya. Dengan dilaksanakannya TMC ini, diharapkan hujan tidak terjadi di kawasan pelaksanaan KTT G20,” ujarnya.

TNI AU menyebutnya sebagai operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). Itu dilakukan demi kelancaran KTT G20 di Bali.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News