Gus Fawait Sebut Sekdaprov Jatim Tak Becus, Bisa Bahayakan Gubernur Khofifah

Sabtu, 05 November 2022 – 15:03 WIB
Gus Fawait Sebut Sekdaprov Jatim Tak Becus, Bisa Bahayakan Gubernur Khofifah - JPNN.com Jatim
Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jatim Gus Fawait (kiri) menolak RAPBD 2023 karena dinilai akan membahayakan Gubernur Khofifah. Foto: Dok. Antok untuk JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jatim Muhammad Fawait mengungkapkan beberapa kecerobohan yang diduga dilakukan Sekdaprov Jatim Adhy Karyono yang berpotensi membahayakan Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

Dia menyebut ada beberapa kecerobohan yang dilakukan Adhy bisa berdampak fatal. Untuk itu, dia mengingatkannya agar tak sembarangan dalam proses Raperda APBD (RAPBD) Jatim tahun 2023.

Yang pertama, sebelum pembahasan perubahan APBD 2022, ada pengesahan Raperda Dana Cadangan untuk Pilgub Jatim 2024 sebesar Rp 300 miliar.

“Raperda itu seharusnya disahkan setelah evaluasi dari Mendagri turun. Hal itu menjadi penentu Raperda lanjut atau tidak,” kata Fawait, Sabtu (5/11).

Gus Fawait sapaan akrab Muhammad Fawait itu mengatakan yang terjadi justru Raperda disahkan saat paripurna di DPRD Jatim, padahal evaluasi Mendagri belum turun.

Akhirnya, tidak diperbolehkan Mendagri. Dia pun meyakini kalau gubernur belum tahu kasus tersebut dan menilai jelas hal itu kecerobohan dari sekdaprov.

"Kinerja Sekdaprov Jatim sebagai ketua tim anggaran buruk. Sebagai anak buah gubernur, Sekdaprov enggak becus karena Raperdanya tidak bisa diteruskan dan uangnya menjadi Silpa," ucapnya.

Kedua, terkait rencana penyertaan modal kepada salah satu BUMD yang diusulkan dalam RAPBD 2023 ditemukan rencana tambahan modal senilai Rp 3 miliar.

Gus Fawait menyampaikan beberapa kecerobohan yang diduga dilakukan Sekdaprov Jatim Adhy Karyono yang berpotensi membahayakan Gubernur Khofifah.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News