Warga Terdampak Tanah Longsor Akhirnya Bernapas Lega, Mensos Risma Mendukung Rencana Relokasi

Sabtu, 29 Oktober 2022 – 11:15 WIB
Warga Terdampak Tanah Longsor Akhirnya Bernapas Lega, Mensos Risma Mendukung Rencana Relokasi - JPNN.com Jatim
Mensos Tri Rismaharini menyerahkan bantuan kepada anak-anak pengungsi di Nyawangan, Sendang, Tulungagung, Jumat (28/10/2022). ANTARA/HO-Humas Kemensos

jatim.jpnn.com, TULUNGAGUNG - Warga terdampak tanah longsor di Desa Nyawangan, Kabupaten Tulungagung bisa bernapas lega.

Pasalnya, Menteri Sosial Tri Rismaharini mempersetujui dan mendukung rencana relokasi warga tersebut.

“Relokasi ini sangat penting demi mencegah jatuhnya korban jiwa maupun harta benda warga,” kata Risma saat menyerahkan santunan korban bencana, Jumat (28/10).

Dalam kunjungan itu, dia mendengarkan laporan dari Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengenai lokasi yang berkontur miring.

Saat hujan dengan intensitas tinggi meningkatkan risiko bencana di kawasan itu, terutama tanah longsor. Untuk itu, langkah mitigasi perlu diambil

“Karena itu, saya sampaikan kepada Pak Bupati. Kami tadi rapat dengan forkopimda juga, dengan DPR, kami sepakati untuk memindahkan mereka ke tempat aman," ujarnya.

Untuk jangka pendeknya, bantuan dukungan untuk lokasi pengungsian yang aman telah disiapkan. Apabila hujan turun dengan lebat di titik yang dipilih tersebut warga bisa mengungsi.

"Untuk sementara saat hujan 'panjenengan' (anda) mengungsi nggeh. Nanti kebutuhannya akan dipenuhi staf saya selama mengungsi," tuturnya.

Mensos Tri Rismaharini menyetujui rencana relokasi warga terdampak longsor di Tulungagung mencegah risiko longsor lanjutan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News