Kampung 1001 Malam Bakal Diubah Menjadi Rumah Pompa

Selasa, 18 Oktober 2022 – 09:04 WIB
Kampung 1001 Malam Bakal Diubah Menjadi Rumah Pompa - JPNN.com Jatim
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat bertemu dengan penduduk di Kampung 1001 Malam. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya melakukan pembongkaran bangunan yang terbuat dari kayu di bawah kolong jembatan tol dan Kampung 1001 Malam, Jalan Lasem Barat, Dupak, Kecamatan Krembangan, Senin (17/10).

Pembongkaran ini nantinya juga akan diikuti oleh pemindahan warga yang akan direlokasi ke rusun milik Pemkot Surabaya maupun Pemprov Jatim.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan setelah semua dikosongkan, lahan tersebut akan dibangun rumah pompa untuk mengatasi genangan di kawasan Kecamatan Krembangan dan sekitarnya.

“Saya dan Bu Gubernur ingin mengubah kawasan ini. Nantinya akan dibangun rumah pompa sehingga mengurangi banjir di Surabaya,” kata Eri Cahyadi.

Eri mengatakan tujuan dilakukan pembongkaran terhadap Kampung 1001 Malam ini untuk memberikan hidup yang layak bagi masyarakat.

Warga yang dipindahkan dari kawasan tersebut akan diberi pelatihan dan pekerjaan. Mulai dari menjahit, pertukangan, membuat paving dan sebagainya.

“Jadi, kami sesuaikan dulu minat dan kemampuannya di bidang apa, nanti kita arahkan dan dilatih, agar pendapatannya meningkat jadi Rp 5 juta per bulan," katanya.

Berdasarkan data, terdapat 16 KK yang tinggal di bawah kolong jembatan tol, sedangkan ada 146 KK yang tinggal di Kampung 1001 Malam.

Lahan eks Kampung 1001 Malam akan dibuat rumah pompa untuk mengurangi banjir di kawasan Krembangan
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News