Jurus BPBD Kota Surabaya Mengantisipasi Dampak Cuaca Ekstrem

Rabu, 12 Oktober 2022 – 21:39 WIB
Jurus BPBD Kota Surabaya Mengantisipasi Dampak Cuaca Ekstrem - JPNN.com Jatim
Plt Kepala BPBD Kota Surabaya Ridwan Mubarun. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sejumlah langkah telah disiapkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya guna menghadapi dampak dari potensi cuaca ekstrem dan bencana alam.

Plt. Kepala BPBD Surabaya Ridwan Mubarun mengatakan pihaknya telah melaksanakan koordinasi secara rutin dan berkala dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Menurutnya, kesiapsiagaan itu merujuk laporan BMKG terkait dengan potensi datangnya hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dalam beberapa hari ke depan.

"Jadi, koordinasi itu untuk mengetahui secara dini informasi perubahan cuaca di Kota Surabaya," kata Ridwan Mubarun, Rabu (12/10).

BPBD Kota Surabaya, lanjut Ridwan, juga rutin berkoordinasi dengan perangkat daerah (PD) terkait untuk mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrim sekaligus menyampaikan tugas PD terkait apabila terjadi kejadian bencana.

"Kami juga melaksanakan pemantauan secara rutin dan berkala terkait peralatan peringatan dini, seperti weather information display (WID) di enam lokasi serta 15 titik LED monitor cuaca," ujar Ridwan.

Mantan Camat Tambaksari tersebut juga melakukan pengecekan perlengkapan dan peralatan tanggap bencana di tujuh posko terpadu.

"Tak ketinggalan juga 16 pos pantau yang sudah kami siapkan, diperiksa agar siap saat digunakan," ucap Ridwan. (mcr23/jpnn)

Dalam rangka mengantisipasi dampak dari potensi cuaca ekstrem dan bencana alam, BPBD Surabaya melakukan sejumlah persiapan.

Redaktur : Fahmi Azis
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News