Fenomana Gelombang Rossby, Ada Imbauan Penting dari BMKG, Simak Baik-Baik

Sabtu, 01 Oktober 2022 – 19:43 WIB
Fenomana Gelombang Rossby, Ada Imbauan Penting dari BMKG, Simak Baik-Baik - JPNN.com Jatim
BMKG Tanjung Perak mengimbau terjadinya cuaca buruk selama peralihan musim kemarau ke musim hujan. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) menyampaikan kondisi Jawa Timur memasuki musim peralihan, yakni dari kemarau menuju musim hujan.

Adanya musim peralihan berpotensi menimbulkan hujan intensitas sedang pada sore hari dan dapat terjadi dalam tiga hari ke depan.

Prakirawan BMKG Tanjung Perak, Fajar Setiawan mengungkapkan penyebabnya karena adanya fenomena gelombang rossby serta adanya daerah konvergensi di wilayah Jawa Timur.

“Selain itu, suhu muka laut di perairan Jawa Timur masih cukup hangat dengan anomali suhu muka laut antara +0.5 hingga +2.5ºC serta masih adanya fenomena La Nina lemah,” kata Fajar, Sabtu (1/10).

Hal itu memunculkan adanya gangguan atmosfer yang cukup signifikan dan menyebabkan kondisi atmosfer menjadi labil.

“Tentunya berpengaruh dalam pembentukan awan-awan cumulonimbus yang makin intens dan dapat mengakibatkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat,” katanya.

Maka dari itu, dirinya berpesan kepada masyarakat untuk lebih menjaga daya tahan tubuh karena adanya perubahan cuaca tersebut.

“Mohon untuk lebih berhati-hati saat akan melakukan aktifitas di luar ruangan karena potensi cuaca buruk akan lebih sering terjadi pada saat musim pancaroba,” tandas Fajar. (mcr23/jpnn)

Jawa Timur memasuki musim peralihan, waspada kondisi cuaca yang tak menentu.

Redaktur : Arry Dwi Saputra
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News