Kapolri Copot Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta, Buntut Tragedi Kanjuruhan

Selasa, 11 Oktober 2022 – 09:55 WIB
Kapolri Copot Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta, Buntut Tragedi Kanjuruhan - JPNN.com Jatim
Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta dicopot dari jabatannya buntut dari tragedi Kanjuruhan. Foto: ANTARA/Firman

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Irjen Nico Afinta dicopot jabatannya sebagai Kapolda Jawa Timur oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Pencopotan jabatan terhadap Irjen Nico Afinta merupakan buntut dari tragedi Kanjuruhan seusai laga Arema FC vs Persebaya pada Sabtu (1/10)

Dalam tragedi Kanjuruhan 131 orang dilaporkan meninggal dunia. Polri juga telah menetapkan enam orang sebagai tersangka atas insiden kerusuhan tersebut.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo membenarkan terkait informasi pencopotan Irjen Nico atas tragedi Kanjuruhan.

"Ya betul (terkait tragedi Kanjuruhan, red) tour of duty and tour area," ujar Dedi kepada JPNN.com, Senin (10/10).

Alumnus Akpol 1990 itu mengatakan mutasi dalam Korps Bhayangkara adalah hal yang wajar.

“Mutasi adalah hal yang alamiah di organisasi Polri dalam rangka promosi dan meningkatkan kinerja organisasi,” tuturnya.

Mutasi itu tertuang dalam Surat Telegram Rahasia (STR) yang tersebar di grup awak media dengan nomor: T/2134/X/KEP, tertanggal 10 Oktober 2022.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencopot Irjen Nico Afinta dari jabatannya Kapolda Jatim buntut dari tragedi Kanjuruhan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News