55 Sodetan Sedang Dibangun, Semoga Tiada Lagi Genangan di Surabaya

Jumat, 23 September 2022 – 16:42 WIB
55 Sodetan Sedang Dibangun, Semoga Tiada Lagi Genangan di Surabaya - JPNN.com Jatim
Pembangunan saluran air di Manukan Kulon, Kota Surabaya (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak 55 titik sodetan saluran air dibangun di Surabaya guna mencegah banjir saat musim hujan.

Sekretaris Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Surabaya Dwi Djajawardana menerangkan pengerjaan puluhan sodetan itu bertujuan untuk mengurangi beban saluran.

Dengan begitu, tidak lagi terjadi luapan dan genangan di Surabaya ketika musim hujan.

"Pengerjaan crossing ditargetkan selesai pada November 2022. Saat ini, telah mencapai 60 persen," katanya.

Dwi menjelaskan salah satu crossing atau sodetan yang saat ini sedang dalam proses pengerjaan ialah saluran tengah di Jalan Ahmad Yani.

"Itu crossing-nya yang ada di tengah saluran Jalan Ahmad Yani kami tujukan ke timur di rumah pompa Korem Surabaya," ujarnya.

Kalau tidak dilakukan crossing di rumah pompa Korem itu, Dwi mengungkapkan bagian selatan Jalan Ahmad Yani akan menumpuk di saluran Kebon Agung dan Wonorejo.

Sebelumnya, ketika terjadi genangan di wilayah Gayungan, Kebonsari, Ketintang, dan sekitarnya, air akan terpecah ke dua arah di Wonorejo dan rumah pompa Korem Surabaya.

Dwi menjelaskan pengerjaan puluhan sodetan itu bertujuan untuk mengurangi beban saluran ketika musim hujan tiba.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News