Pemkot Surabaya Tambah Kapasitas Rumah Pompa di Kedurus 

Minggu, 09 Januari 2022 – 06:03 WIB
Pemkot Surabaya Tambah Kapasitas Rumah Pompa di Kedurus  - JPNN.com Jatim
Ilustrasi salah satu rumah pompa di Surabaya. (Foto: Diskominfo Surabaya)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Surabaya bakal mengganti kapasitas rumah pompa di Kedurus menjadi 5 m3/detik yang sebelumnya hanya 2,5 m3/detik. 

Kepala DSDABM Kota Surabaya, Lilik Arijanto mengatakan hal itu dilakukan setelah didapati laporan warga terkait dengan seringnya banjir di kawasan tersebut ketika hujan turun. 

“Jadi, di Kemlaten, Wiyung, dan Karangpilang itu, kan, pembuangannya ke arah DAM Kedurus Dukuh I. Nah, di sana (rumah pompa Kedurus Dukuh I,red) ternyata masih menggunakan pompa lama dan kapasitasnya tidak terlalu besar," kata Lilik. 

Maka dari itu, kata Liliek, jika terjadi hujan deras air di kawasan itu, air bakal lama surut lantaran kapasitas pompa air di rumah Pompa Kedurus kurang besar.

"Nah, kami sedang berkoordinasi dengan teman-teman pusat untuk minta izin meningkatkan kemampuan pompa airnya yang dibutuhkan itu berapa kapasitasnya," ujar Lilik.

Apabila memang disetujui, air akan dialirkan ke arah Sungai Rolak. 

"Pompa itu sebelumnya milik Dinas PU Sumber Daya Air (DPUSDA) Provinsi Jatim, sekarang sudah diberikan kepada kami. Jadi, nanti kami minta izin meningkatkan kemampuan pompa airnya ke teman-teman pusat," imbuhnya.

Camat Wiyung, Budiono mengatakan untuk mengatasi banjir di wilayahnya, akan dibuat saluran air menuju ke arah Kalitengah yang ada di Jalan Raya Wiyung.

Ini langkah Pemkot Surabaya atasi banjir di wilayah Kecamatan Wiyung
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News