Tak Hafal Pancasila, Ketua DPRD Lumajang Berinisiatif Mundur dari Jabatannya

Senin, 12 September 2022 – 15:03 WIB
Tak Hafal Pancasila, Ketua DPRD Lumajang Berinisiatif Mundur dari Jabatannya - JPNN.com Jatim
Ketua DPRD Lumajang Anang Ahmad Syaifuddin mengundurkan diri dari pimpinan sejak Senin (12/9). Foto: Dok Pri Tony for JPNN.com

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Ketua DPRD Lumajang Anang Ahmad Syaifuddin memutuskan mundur dari jabatannya setelah dirinya viral tak bisa menyebutkan Pancasila secara lengkap.

Pria yang juga Ketua Fraksi PKB DPRD Lumajang itu kedapatan tidak hafal lima dasar NKRI tersebut setelah adanya desakan demonstran dari HMI untuk menyebutkan Pancasila.

Pengunduran diri Ketua DPRD Lumajang itu terhitung pada Senin (12/2) ini.

Anang Ahmad Syaifuddin menjabat sebagai Ketua DPRD Lumajang sejak 2019. Jadi, total dia menjabat sebagai orang nomor satu di dewan perwakilan rakyat setempat selama 3 tahun.

"Saya minta maaf kepada seluruh masyarakat. Apa pun keadaan saya, saya merasa itu tidak pantas dilakukan atau terjadi pada ketua DPRD di mana pun atau siapa pun itu," katanya.

Dia juga menyatakan langkah mundur dari jabatan sebagai Ketua DPRD Lumajang tersebut murni dari permintaan hati nuraninya. Tidak ada desakan dari mana pun.

Menurutnya, langkah mundur setelah dirinya tidak hafal Pancasila adalah suatu hal yang wajar.

"Saya dengan hati yang sangat menyesal mengundurkan diri sebagai Ketua DPRD Kabupaten Lumajang. Hal ini untuk menjaga muruah DPRD Lumajang dan menjadikan itu sebagai pembelajaran siapa pun pemimpin di negeri ini," ujarnya. (mcr26/jpnn)

Ketua DPRD Lumajang sempat viral lantaran tidak hafal Pancasila. Dia pun memutuskan untuk mundur dari jabatannya.

Redaktur : Fahmi Azis
Reporter : Ridho Abdullah Akbar

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News