5 Mahasiswa Unusa Surabaya Ciptakan Body Cream dari Biji Buah Delima

Kamis, 11 Agustus 2022 – 17:22 WIB
5 Mahasiswa Unusa Surabaya Ciptakan Body Cream dari Biji Buah Delima - JPNN.com Jatim
Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unusa berinovasi mengolah biji buah delima menjadi body cream yang diberi nama Grenade Skin Solution. Foto: Humas Unusa

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Lima mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Unusa berinovasi mengolah biji buah delima menjadi body cream yang diberi nama Grenade Skin Solution.

Kelima mahasiswa itu terdiri dari Alsa Shafira Sri Handini, Achmad Yanu Noer Fadhilah, Dewi Adila Sonia Zain, Nihazzatuzzain, dan Illa Billah.

Mereka mengolah biji buah delima dengan cara mengekstraknya hingga menjadi minyak biji buah delima. Hasil ekstraksi tersebut dibuatlah body cream.

Menurut Alsa, hal pertama mereka lakukan ialah meneliti biji buah karena di dalamnya mengandung banyak zat yang baik buat kulit. Timnya pun menemukan banyak khasiatnya.

"Biji buah delima sendiri mengandung polifenol dan beberapa asam lemak, antara lain, asam palmitat, asam stearat, asam oleat, dan asam linoleat. Semua bahan tersebut cukup baik bagi kulit," ujar Alsa, Kamis (11/8).

Dengan banyaknya kandungan zat pada biji buah delima, dimulailah pembuatan body cream dari ekstrak biji buah delima.

"Body cream dari ekstrak ini lebih cepat untuk mencerahkan kulit sekaligus memiliki banyak manfaat lain, seperti melembabkan dan mengatasi kulit kusam serta bisa menangkal radikal bebas sinar matahari," tuturnya.

Dalam proses pembuatannya, kelima mahasiswa semester dua dan lima itu didampingi dosen dokter bidang farmakologi sehingga krim yang dihasilkan cukup aman digunakan.

Lima mahasiswa Fakultas Kedokteran Unusa berinovasi mengolah biji buah delima menjadi body cream, bisa dibeli melalui e-commerce

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News