4 Cara Mudah Mencegah Infeksi Saluran Kemih, Terapkan Secara Rutin

Rabu, 10 Agustus 2022 – 04:00 WIB
4 Cara Mudah Mencegah Infeksi Saluran Kemih, Terapkan Secara Rutin - JPNN.com Jatim
Ilustrasi nyeri karena infeksi saluran kemih. Foto: Arry Saputra/JPNN.com.

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Suami istri yang sedang melakukan begituan pasti akan sangat tidak nyaman dan terganggu ketika mengalami infeksi saluran kemih atau ISK.

Secara umum, gejala penyakit itu berupa nyeri atau panas ketika sedang buang air kecil, nyeri pada panggul, dan warna urine terlihat keruh.

Adapun penyebabnya karena infeksi bakteri yang masuk melalui saluran kencing. Kondisi tersebut kerap menyerang para wanita lantaran uretra pada tubuh kaum hawa lebih pendek ketimbang pria.

Selain itu, posisi organ vital wanita berada dekat dengan kandung kemih. Hal tersebut membuat bakteri lebih mudah masuk dan menginfeksi.

Nah, untuk menghindari infeksi saluran kemih atau mencegah hal tersebut terjadi ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

1. Minum Cukup Air Putih

Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, air putih juga menjaga saluran kemih tetap sehat dan berfungsi optimal.

Selain itu, air putih bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga bakteri jahat pun tidak akan mudah menyerang dan menyebabkan infeksi.

2. Buang Air Kecil Setelah Berhubungan Seks

Hal ini berguna untuk mengeluarkan bakteri yang menempel pada organ intim setelah berhubungan.

Agar di waktu mendatang infeksi saluran kemih tak lagi terjadi dan mengganggu kenyamanan, berikut beberapa hal yang perlu dilakukan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News