Status Terkini Gunung Raung, Masyarakat Waspada

Sabtu, 30 Juli 2022 – 14:04 WIB
Status Terkini Gunung Raung, Masyarakat Waspada - JPNN.com Jatim
Gunung Raung terlihat dari Desa Gunung Malang, Sumberjambe, Jember, Jawa Timur, Kamis (28/7/2022). Gunung Raung setinggi 3.332 meter di atas permukaan laut (mdpl) mengeluarkan abu vulkanik pada Rabu (27/7/2022) kemarin, pukul 17.19--17.28 WIB dan status gunung level I atau normal. ANTARA FOTO/Seno/foc

jatim.jpnn.com, BANYUWANGI - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyampaikan status terkini Gunung Raung di Jatim setelah mengalami erupsi.

Status Gunung Raung yang sebelumnya berada pada level satu alias normal menjadi level dua atau waspada.

Kepala Pos Pantau Gunung Api Raung (PPGA) Mukijo membenarkan perubahan status tersebut.

"Benar status level Gunung Raung naik dan secara visual abu vulkanik tidak terlihat, tetapi kegempaan masih terjadi dan fluktuatif," kata Mukijo saat dihubungi, Jumat (29/7).

Menurutnya, setelah erupsi Gunung Raung masih menunjukkan aktivitas yang ditandai dengan hembusan solfatara atau fumarola.

Anomali panas yang terekam citra satelit Terra dan Aqua di permukaan kawah mendeteksi sebesar dua mW pada 28 Juli 2022. Hal tersebut mengindikasikan adanya dinamika magma pada permukaan kawah Gunung Raung.

Pemodelan GPS juga mengonfirmasi terjadinya inflasi pada satu titik yang jaraknya lebih dari sepuluh kilometer dari puncak pada permukaan kawah Gunung Raung periode Juni-Juli 2022.

Nah, dari riwayat itu dapat disimpulkan terjadinya migrasi massa pada kedalaman 2.900 meter di bawah puncak yang menyebabkan perubahan dimensi 1,7 juta meter kubik.

Status Gunung Raung pascaerupsi naik ke level dua alias waspada. Untuk itu masyarakat harus waspada dan mengetahui larangan berikut ini.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News